Pembelajaran Tatap Muka Jadi Klaster Penularan COVID-19, Sufmi Dasco Ahmad: Turut Prihatin

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad mengaku prihatin dengan adanya klaster penularan Covid-19 dalam kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah sekolah.

“Kita turut prihatin bahwa kemudian ada klaster baru dari kegiatan tatap muka di sekolah-sekolah, walaupun sebagian besar sekolah sudah menyatakan bahwa mereka melakukan prokes (protokol kesehatan) yang ketat,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (24/9/2021), dikutip dari keterangan video.

Politikus Partai Gerindra itu menuturkan, berdasarkan temuan DPR, sebagian besar sekolah itu sebetulnya menyerahkan kepada orangtua untuk mengizinkan anaknya mengikuti PTM atau tidak.

“Karena ini sifatnya juga tidak wajib. Nah, bagi yang kemarin ingin anaknya sekolah tatap muka, ya orangtua mengirim,” kata Dasco.

Namun, dengan adanya klaster penularan Covid-19 dalam penyelenggaraan PTM, Dasco mengimbau agar sekolah-sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ia melanjutkan, adanya klaster tersebut juga dapat dijadikan pertimbangan oleh para orangtua untuk mengizinkan anaknya mengikuti PTM.

“Ini jadi pertimbangan mungkin apakah izinkan tatap muka langsung apa kemudian kembali belajar online, itu kita serahkan kepada orangtua,” ujar dia.

Dasco memberi catatan kepada sekolah-sekolah yang telah menyelenggarakan PTM agar menerapkan protokol kesehatan dengan lebih ketat.

Diberitakan, terjadi sejumlah klaster penyebaran Covid-19 di sekolah-sekolah yang menyelenggarakan PTM di beberapa daerah.

Di Jepara, Jawa Tengah, sebanyak 25 siswa dan 3 guru di Sebanyak 25 siswa dan 3 guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Desa Rengging, Kecamatan Pecangaan, terpapar Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara Moh Ali menyampaikan, kasus Covid-19 ini terungkap dari program vaksinasi pelajar yang digelar pekan lalu.

Sementara, Pemerintah Kabupaten Purbalingga mencatat ada 90 siswa SMPN 4 Mrebet Purbalingga yang terkonfirmasi positif Covid-19. {kompas}