Pernah Sukses Jadi Ketua KEN, PAN Sodorkan Soetrisno Bachir Jadi Cawapres Airlangga di 2024

Rencana Partai Golkar mengusung Ketua Umumnya Airlangga Hartarto maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 mendapat tanggapan positif dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Bahkan PAN langsung menyodorkan Ketua Dewan Kehormatannya Soetrisno Bachir untuk menjadi pendamping Airlangga di Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PAN di DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Dia menilai sosok Soetrisno Bachir pantas bersanding dengan Airlangga karena Soetrisno memiliki segudang prestasi di bidang politik dan pemerintahan.

Saleh menyebut salah satunya, eks Ketum PAN periode 2005-2010 itu pernah sukses menjadi Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN).

“Banyak lagi prestasi dan hasil kerja keras Beliau (Soetrisno Bachir). Tentu semua itu bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan,” kata Saleh dalam keterangannya, Minggu (3/10/2021).

Namun, kata eks Ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu, PAN saat ini belum terburu-buru menentukan rekan koalisi pada Pilpres 2024.

Partai yang berdiri pada 1998 itu masih fokus membantu pemerintah menangani penularan Covid-19. Terlebih lagi banyak rakyat yang terdampak pandemi.

“Ini pekerjaan besar. Semua pihak diminta berkontribusi, terutama partai politik,” ungkap dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Satkar Partai Golkar Ashraf Ali mengatakan, Koalisi Nasionalis-Religius menjadi salah satu yang ideal untuk Airlangga berlaga di pilpres 2024. Sebab, menurut risetnya, 70 persen voters merupakan suara yang masih dinamis.

“Nah yang 70 persen itu bersifat religius. Maka itu sangat wajar apabila ada koalisi nasional yang berkarakter religius,” kata Ashraf. {indo}