News  

Anies Baswedan: Pejabat Publik Tak Mau Terima Kritik, Lebih Baik Urus Burung Saja Di Rumah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyindir para pejabat publik yang antikritik. Kata Anies, seseorang yang mendapat amanah sebagai pejabat publik harus siap menerima kritik segala urusan.

Bahkan di dalam pertemuan apapun, mereka harus mendengar keluhan yang disampaikan masyarakat. Bagi pejabat yang antikritik, Anies menyarankan mereka agar bersantai saja di rumah mengurus hewan peliharaan.

“Menurut saya ini paket, kalau berada di wilayah publik harus siap jadi kotak pos kritik semua urusan. Kalau tidak mau terima keluhan, politik di rumah saja urus burung dan rumah tangga,” ujar Anies dikutip dari YouTube PAN TV, Kamis (7/10/2021).

Anies mengaku, tidak pernah merasa lelah memimpin Ibu Kota hampir empat tahun lamanya. Menurut Anies urusan lelah atau tidak seseorang, ditentukan oleh perasaan yang bersangkutan.

Sebagai contoh ketika Anies bersama keluarga berkeliling ke tempat elektronik. Anies tidak merasa lelah dan waktu berjalan singkat, padahal selama tiga jam dia berkeliling ke tempat elektronik mencari perabotan rumah tangga.

Beda halnya ketika Anies mendampingi sang istri membeli pakaian di toko busana. Meski baru beberapa saat mendampingi istri, Anies merasa lelah dan tidak nyaman.

“Padahal di lokasi AC nya sama dan nyamannya sama, tapi soal hati. Kalau yang dikerjakan itu sama dengan yang kita sukai maka itu tidak akan merasa capek. Alhamdulillah kami tidak merasakan capek di Jakarta ini,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini. {tribun}