Kalahkan Bali, Jawa Barat Rebut Emas Bulutangkis Tunggal Putri PON XX Papua 2021

Pebulu tangkis Jawa Barat, Saifi Riska Nuhidayah berhasil merebut medali emas setelah mengalahkan wakil Bali, Komang Ayu Cahya Dewi pada cabor tunggal putri bulu tangkis PON XX Papua 2021. Saifi menang melaui tiga gim yang berlangsung sengit.

Bertanding di Gor Waringin Jayapura, Papua, Indonesia pada Rabu (13/10/2021) pagi WIB, Saifi sempat tertinggal di gim pertama dengan skor telak 21-8. Namun begitu, ia berhasil bangkit di dua gim selanjutnya dan memastikan kemenangan atas Komang dengan skor 21-17 dan 21-18.

Pada gim pertama, Komang langsung mendominasi jalannya pertandingan. Terpantau, pukulan smash Komang berkali-kali sukses menusuk pertahanan milik Saifi.

Tak hanya itu, beberapa kali pukulan menyilang juga berhasil membikin Saifi kewalahan. Alhasil, Komang berhasil menuntaskan perlawanan wakil Jawa Barat di gim pertama dengan skor 21-8.

Pada gim kedua, Saifi bangkit dan memberikan perlawanan yang menyulitkan wakil Bali. Namun begitu, Komang juga tidak mau kalah dengan melancarkan beberapa serangan. Alhasil, pertandingan berjalan ketat sejak awal.

Saifi terus memberikan perlawanan ketat kepada Komang. Beberapa variasi pukulan terus dilancarkan atlet asal Jawa Barat tersebut. Hasilnya positif, Saifi menutup interval pertama lewat kemenangan dengan skor tipis 11-10.

Pada akhir gim kedua, Komang sempat mengungguli Saifi. Akan tetapi, Saifi berhasil membalikkan keadaan kembali lewat pukulan-pulukan variatif. Akhirnya, secara meyakinkan Saifi berhasil menuntaskan perlawanan Komang dengan skor 21-17 dan memaksanya bermain ke gim ketiga.

Pada gim ketiga, kejar-kejaran angka terjadi sejak awal laga. Baik Komang maupun Saifi tidak ma kalah begitu saja dan menampilkan permainan ngotot. Namun begitu, interval pertama akhirnya berpihak kepada kemenangan Saifi atas Komang 11-10.

Setelah interval pertama, ketatnya pertandingan tidak berubah. Keunggulan Saifi tak membuatnya mendominasi permainan. Sebaliknya, Komang terus menempel ketat perbedaan angka.

Bahkan, berkali-kali rally panjang terjadi pada pertengahan gim ketiga ini, berkali-kali juga keduanya bergantian memimpin. Namun begitu, Saifi konsisten di beberapa angka terakhir gim ketiga.

Pada akhirnya, Saifi berhasil lepas dari tekanan dan menuntaskan perlawanan Komang dengan skor 21-18. Dengan begitu, Saifi berhasil menambah pundi-pundi emas bagi Jawa Barat di PON XX Papua 2021. {okezone}