Cak Imin Deklarasi Maju Capres 2024, Golkar Ogah Buru-Buru

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia memberikan penjelasan mengenai langkah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang hingga kini belum juga mendeklarasikan diri untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 meski mendapat dukungan dari Kader.

Kata Doli, alasan terbesarnya karena Ketum Golkar itu saat ini masih fokus menjabat dan mengemban tanggung jawab sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian.

Tak hanya itu, Airlangga sendiri juga saat ini masih memiliki tugas sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

“Persoalannya sekarang itu, Pak Airlangga punya tanggung jawab besar. Negara memberikan kepercayaan melalui presiden, sebagai menko, KPC-PEN. Tentu kami pun juga mendorong dan bisa memahami tugas negara jauh lebih penting, makanya fokus pak Airlangga masih pada tugasnya,” kata Doli saat ditemui di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, dikutip Rabu (20/10/2021).

Pernyataan tersebut disampaikan Doli ketika disinggung terkait deklarasi yang diutarakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar untuk Pilpres mendatang.

Kendati Airlangga belum resmi deklarasi, namun Doli mengisyaratkan kesiapan dari Menko Perekonomian itu untuk menerima dukungan para kader untuk maju dalam kontestasi Pilpres.

Hanya saja kata dia, Airlangga akan menyatakan kesiapannya maju Pilpres atau deklrasi diri pada waktu yang tepat.

“Sebagai kader terbaik partai, saya kira kalau diberi amanah partai, panggilan kepercayaan dari publik, rakyat, saya kira Insya Allah Pak Airlangga siap,” kata dia.

“Kita lihat perkembangan, nanti pada saat momen yang tepat lah ya, akan Pak Airlangga dan Golkar akan menyampaikan ke publik,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mulai terang-terangan menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menurutnya, Pilpres 2024 sebagai tantangan bagi dirinya untuk maju sebagai capres. Kendati begitu, Wakil Ketua DPR RI ini mengaku tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah.

“Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” kata Gus Muhaimin di sela kegiatan silaturahmi dengan para tokoh ulama di wilayah Brebes-Tegal, Jawa Tengah, Minggu (17/11/2021).

Gus Muhaimin menyatakan bahwa selama ini kader PKB di seluruh daerah mengharapkan dan mendukung agar dirinya maju sebagai Capres di tahun 2024.

Karena itu, PKB akan terus menggalang kekuatan dengan partai politik lainnya untuk berkoalisi. Sebab, PKB tidak bisa mengusung calon sendiri di Pilpres 2024 sehingga harus berkoalisi dengan parpol lain.

”Hingga saat ini, kepengurusan PKB di daerah-daerah masih solid. Dan jika nantinya maju maka untuk mencari figur Capres, PKB akan berkoordinasi dengan parpol lainnya untuk berkoalisi,” ujarnya. {tribun}