News  

Kronologi Ambruknya Jembatan Tol Manado-Bitung

Jembatan Tol Bitung Minut Rubuh

Ambruknya perancah jembatan Tol Manado-Bitung yang berada di Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara, Selasa kemarin, menelan korban jiwa 1 orang tewas dan belasan lainnya dirawat intensif.

Menurut kronologi kejadian yang di terima dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. sebagai penanggungjawab menyebut sejak Senin (16/4/2018), pukul 22.00 telah dilaksanakan pembangunan overpass (2 slab) di Desa Tumaluntung, Minahasa Utara (STA 13+600).

Adapun spesifikasi pemasangan panjang bentang 36 meter dan lebar 10 meter sebagai penghubung atau akses Jalan Tumaluntung, yang kemudian akan diikuti dengan pekerjaan konstruksi underpass Jalan Tol Manado-Bitung.

Pada Selasa (17/4) pukul 13.58 Wita, pekerjaan pengecoran insitu pada salah satu slab, tiba-tiba runtuh, dimana salah satu slab dengan spesifikasi dan metode kerja yang sama telah berhasil dibangun.

“Kami bertanggung jawab penuh terhadap semua korban dan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat atas kejadian ini dan memastikan para korban mendapatkan penanganan terbaik,” ungkap Sekretaris PT WIKA, Puspita Anggraeni melalui rilis yang diterima awak media, Rabu (18/4/2018).

 

Dikatakan Puspita, perseroan berkomitmen untuk memulihkan dan mengamankan lokasi serta menyelesaikan pekerjaan Jalan Tol Manado Bitung dengan memperhatikan aspek safety, quality, dan time delivery sebagai prioritas Perseroan untuk berkontribusi pada percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Ia pun memastikan insiden ini tidak mempengaruhi target waktu penyelesaian Proyek Jembatan Tol Manado Bitung, agar dapat segera memberikan manfaat keekonomian bagi masyarakat Sulawesi Utara pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Dengan demikian disampaikan klarifikasi bahwa konstruksi yang runtuh adalah overpass akses Jalan Tumaluntung yang melintas di atas lokasi rencana Jalan Tol Manado – Bitung (underpass) dan bukan konstruksi Jalan Tol Manado Bitung (belum terbangun),” imbuhnya.