Dahsyat! Starting XI Timnas Indonesia Dengan Semua Pemain Keturunan, Sanggup Juara?

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, tidak anti dengan pemain keturunan. Apakah ini pertanda pelatih asal Korea Selatan itu memanggil sejumlah pemain keturunan saat Timnas Indonesia turun di Piala AFF 2020?

Terlepas dari itu, Okezone akan membahas starting XI Timnas Indonesia dengan full pemain keturunan. Pemain-pemain yang disebut di bawah tidak semuanya menyatakan keinginan membela Timnas Indonesia.

Namun, berhubung belum ada panggilan dari negara utamanya seperti Belanda atau Italia, peluang nama-nama di bawah ini membela skuad Garuda cukup besar. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Dalam pola 4-2-3-1, di posisi penjaga gawang ada kiper Sampdoria, Emil Audero. Kiper yang memiliki darah Indonesia dari sang ayah ini tak kunjung dipanggil Timnas senior Italia. Karena itu, Emil Audero bukan tak mungkin mengubah pikirannya dan bersedia membela Timnas Indonesia.

Kemudian di posisi empat bek sejajar ada Kevin Diks (FC Copenhagen), Elkan Baggott (Ipswich Town U-23), Jordi Amat (KAS Eupen) dan Sandy Walsh (KV Mechelen). Dari empat nama di atas, Kevin Diks paling menarik perhatian.

Ia kini membela klub raksasa Denmark, FC Copenhagen. Bermain sebagai fullback kanan, ia tampil produktif dengan catatan tujuh gol dan enam assist. Tentu kehadiran pemain seperti Kevin Diks bak tambahan tenaga yang luar biasa bagi skuad Garuda.

Kemudian di posisi gelandang double pivot ada Jordy Wehrmann dan Tijjani Reijnders. Jordy Wehrmann saat ini berstatus gelandang andalan klub kasta teratas Liga Swiss, FC Luzern. Sementara Tijjani Reijnders lebih ganas.

Ia merupakan gelandang andalan klub Liga Belanda, AZ Alkmaar. Bahkan Tijjani Reijnders sudah mengoleksi dua gol dan satu assist dari 10 penampilan di Liga Belanda 2021-2022.

Lanjut ke posisi winger kanan ada Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles), Anouar El Mhassani (winger kiri, tanpa klub) dan Navarone Foor (second striker, Pafos FC). Untuk ujung tombak, dipercayakan kepada bomber Willem II U-21, Jelte Pal.

Jika kolaborasi nama-nama di atas bisa terlaksana suatu hari nanti, sanggupkah Timnas Indonesia berjaya di level Asia Tenggara?

Berikut starting XI Timnas Indonesia dengan full pemain keturunan:

(4-2-3-1): Emil Audero; Kevin Diks, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh; Jordy Wehrmann, Tijjani Reijnders; Ragnar Oratmangoen, Anouar El Mhassani, Navarone Foor; Jelte Pal. {okezone}