News  

Fasilitas Perusahaan Untuk Karyawannya Bakal Dikenakan Pajak

Pemerintah bakal mengenakan pajak atas natura atau kenikmatan. Natura yang dimaksud misalnya adalah fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada pegawainya.

“Jadi fasilitas tadi akan dianggap sebagai penghasilan dan di perusahaan dapat dibebankan sebagai biaya,” ujar Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak Yon Arsal di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar, Rabu, 3 November 2021.

Ketentuan tersebut termuat dalam Undang-undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Selama ini, kata Yon, fasilitas perusahaan tidak dianggap penghasilan dan tidak masuk ke dalam Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak alias SPT. Di perusahaan pun fasilitas tersebut tidak dapat dibebankan sebagai biaya.

“Jadi contohnya misalnya orang yang memiliki 13 perusahaan tidak perlu menerima gaji, tapi bisa meminta fasilitas seperti mobil dan rumah ke perusahaan.

Untuk yang menerima fasilitas tersebut dalam bentuk bukan uang, jadi bentuknya natura atau kenikmatan, artinya tidak memiliki penghasilan,” kata Yon.

Dengan ketentuan anyar di Undang-undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan, fasilitas-fasilitas tersebut akan masuk ke dalam SPT sebagai penghasilan. Yon belum merinci formula untuk menghitung penghasilan dari natura atau fasilitas yang diterima pegawai itu.

Namun, ia mencontohkan nilai tersebut dapat diasumsikan sebagai tarif sewa untuk fasilitas yang diterima dan biaya perawatannya. Kendati demikian, pemerintah mencantumkan lima jenis natura tertentu yang bukan merupakan penghasilan bagi penerima.

Lima natura tersebut antara lain penyediaan makan atau minum, serta bahan makanan dan minuman bagi seluruh pegawai. Selain itu, natura di daerah tertentu. Selanjutnya, natura karena keharusan pekerjaan. Contohnya, alat keselamatan kerja atau seragam.

Natura yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa juga bukan merupakan penghasilan bagi penerima.

Terakhir, natura dengan jenis dan batasan tertentu juga akan dikecualikan dalam ketentuan tersebut. {tempo}