News  

3 Kapal RI Dibakar Australia, Susi Pudjiastuti Minta Indonesia Tenggelamkan Lagi Kapal Pencuri Ikan

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyarankan Indonesia kembali memberlakukan kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan.

Gagasan Susi Pudjiastuti itu bukan tanpa alasan, ia menanggapi bahwa kebijakan pembakaran kapal kini dilakukan Australia bagi kapal yang kedapatan menangkap ikan ilegal.

Apalagi, atas kebijakan tersebut kini tiga kapal RI diketahui sudah mendapatkan sanksi pembakaran karena kedapatan menangkap ikan secara ilegal.

“Sudah saatnya laksanakan kembali kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan di wilayah laut NKRI,” kata Susi Pudjiastuti dikutip Galamedia dari cuitan Twitternya Senin, 8 November 2021.

Seperti diketahui, kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan telah diberlakukan saat Susi menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sebelumnya, sebanyak tiga kapal Indonesia telah dibakar oleh otoritas Australia karena kedapatan menangkap ikan dan memasuki wilayah secara ilegal.

Disebutkan bahwa Pasukan Perbatasan Australia (ABF) mengeluarkan sebuah rilis berupa foto pembakaran perahu-perahu kecil di permukaan laut.

Tak hanya itu, selain membakar tiga kapal, 13 kapal Indonesia lainnya juga sudah diusir keluar dari wilayah perairan Australia. {galamedia}