Jadi Rookie Of The Year 2021, Jorge Martin Berpotensi Jadi Juara Baru MotoGP

Francesco Guidotti memuji mantan pembalapnya di Pramac Ducati, Jorge Martin. Guidotti, yang kini jadi Manajer Tim KTM Red Bull, bahkan menilai Martin punya potensi untuk jadi juara MotoGP.

Pembalap asal Spanyol itu tampil apik pada musim debutnya di MotoGP. Bersama Pramac, Martin bisa menjinakkan motor Ducati Desmosedici GP21.

Sempat absen pada tiga seri balapan pada awal musim 2021, pembalap berusia 23 tahun itu mampu menyelesaikan musim di posisi kesembilan. Bahkan, Martin mendapatkan penghargaan Rookie of the Year MotoGP 2021.

Guidotti pun yakin pada potensi Martin. Dia menyebut Martin punya kualitas dari seorang juara MotoGP.

“Gaya mengemudi (Martin) dan perilakunya selalu benar. Meski agresif, dia tidak pernah mengganggu lawan-lawannya. Dia memiliki semua kualitas seorang juara,” kata Guidotti, dilansir dari Tuttomotoriweb, Senin (20/12/2021).

Martin memang hebat, tetapi dia terjatuh lima kali pada musim 2021. Guidotti pun menilai Martin harus bisa menemukan batas kemampuan dirinya sendiri dalam balapan. Bagi Guidotti, lebih baik tahu batasan sebelum terjatuh ketimbang setelahnya.

“Bersama rookie, kami harus menerima lima kecelakaan balapan yang selalu terjadi ketika dia berada di lima besar. Dia mempertaruhkan sesuatu. Sebagai rookie, Anda harus menemukan batasnya dan terkadang Anda menemukannya dengan jatuh,” ucap Guidotti.

Guidotti menilai Martin bisa menunjukan penampilan terbaik dalam balapan usai pulih dari cedera. Ia pun menegaskan, bahwa Martin berhasil mengeluarkan potensi terbaiknya pada musim 2021.

“Saat kembali, dia tidak 100 persen, selama liburan musim panas dia pulih dan kemudian dia mampu menunjukkan potensinya bahkan berhasil memenangkan balapan MotoGP pertamanya di Styria.

Dia memiliki musim yang luar biasa. Itulah mengapa lebih sulit untuk meninggalkan tim (Pramac) setelah sepuluh tahun,” pungkasnya. {okezone}