Marc Marquez Bikin Valentino Rossi dan Semua Pembalap MotoGP Jadi Naik Kelas

Pembalap Tim Ducati Lenovo, Jack Miller merasa seluruh pembalap MotoGP saat ini harus berterima kasih kepada Marc Marquez. Sebab menurut Miller, gara-gara efek Marquez hadir di MotoGP pada 2013 silam, banyak pembalap yang akhirnya berlatih lebih keras lagi agar tak tertinggal jauh dari rider berjuluk The Baby Alien tersebut.

Miller merasa kehadiran Marquez benar-benar menaikkan level para pembalap MotoGP. Sebab kini porsi latihan para pembalap semakin bertambah demi bisa mengejar Marquez.

Miller sendiri meningkatkan porsi latihannya yang dulu terbilang sangat santai. Kini dalam sepekan ia bisa banyak melakukan latihan agar kekuatan fisiknya bisa sangat kuat dan hal itu dirasanya sangat positif.

Pembalap Ducati itu merasa kini ia seperti atlet sejati. Tak seperti dulu yang hanya baru mengejar latihan ketika balapan akhir pekan ingin tiba.

Bukti efek Marquez sangat mempengaruhi kualitas para pembalap pun bisa dilihat dari Valentino Rossi. Menurut Miller, Rossi bisa terus mengikuti ajang balapan hingga di usia 42 tahun sebelum akhirnya pensiun di MotoGP 2021 karena efek Marquez.

Miller berani bertaruh Rossi berlatih lebih keras dari biasanya semenjak kehadiran Marquez di kelas MotoGP pada 2013 silam. Karena latihan yang semakin keras, Rossi pun bisa terus menjaga kondisi fisiknya sampai pada akhirnya bisa terus balapan hingga MotoGP 2021.

“Sungguh luar biasa bagaimana olahraga ini telah berkembang (semenjak kehadiran Marquez). Marquez telah meningkatkan standar dan yang lainnya pun berusaha untuk mengejar ketertinggalan untuk waktu yang lama. Begitulah kami akhirnya bisa mencapai di titik ini,” cerita Miller, dilansir dari Motosan, Senin (27/12/2021).

“Ini bukan lagi sebuah pekerjaan yang mengandalkan kerja keras di akhir pekan saja. Kami sekarang tidak bisa hanya latihan bersepeda dua atau tiga kali dalam sepekan. Itu adalah cara yang dulu lakukan,” tambah rider asal Australia tersebut.

“Itu mentalitas yang saya miliki dulu sampai pada akhirnya saya mengerti bahwa seharusnya tidak seperti itu. Tengok saja Valentino Rossi, dia sudah ada di sini (MotoGP) selama bertahun-tahun dan saya yakin jika Anda menanyakan kepadanya, maka dia akan memberitahu anda bahwa itu semua berkat kerja kerasnya lebih dari sebelumnya,” lanjutnya.

“Semua orang menaikkan standar level mereka untuk menjadi atlet yang lebih baik. Anda berhenti menjadi pembalap yang biasa saja dengan menjadi olahraga sejati. Anda kini berniat menjadi atlet papan atas,” imbuh Miller. {okezone}