Tekno  

Cara Membuat NFT Di OpenSea Seperti Ghozali Everyday

Non Fungible Token atau NFT sebagai aset digital, popularitasnya semakin melejit. Para kolektor NFT rela menghabiskan uang mereka untuk item-item, karya digital, video, lukisan, meme dan apa pun yang dianggap langka dan unik.

Tentu ini bisa jadi sumber pendapatan baru yang menggiurkan bagi para pekerja kreatif, seni, kreator dan siapa pun.

Yang paling terkenal baru-baru ini adalah koleksi Ghozali Everyday. Koleksi tersebut berisikan 933 foto selfie Ghozali di depan komputer yang diambil mulai dari 2017 sampai 2021.

NFT Ghozali Everyday begitu laku keras. Bayangkan, per Rabu (12/1) malam, koleksi foto selfie Ghozali Everyday sudah menampung volume transaksi (traded volume) mencapai 220 Ethereum atau sekitar Rp 10 miliar.

Koleksi NFT Ghozali Everyday dijual di salah satu platform marketplace NFT yaitu OpenSea. Nah, kamu juga bisa mendaftar dan membuat karya atau item orisinilmu sendiri di OpenSea.

Mengutip laman resmi OpenSea dan dari berbagai sumber, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini untuk menciptakan sendiri NFT kamu, berikut caranya.

Belum punya Ethereum Wallet?

Ketika item NFT kamu jadi, kamu bisa langsung jual karyamu di OpenSea. Caranya bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Buka situs opensea.io, pilih gambar profil di pojok kanan atas, lalu klik “Profile”.

Pilih NFT yang ingin dijual dari dompet digital kripto yang kamu punya. Di cara bikin item NFT, kamu diminta untuk login atau buat akun dompet digital kripto, platform itu akan menghubungkan ke sistem OpenSea.

Setelah item NFT muncul, klik “Sell”. Kamu akan dibawa ke halaman untuk mengisi harga dan jenis penjualan. Kamu bisa memilih untuk menentukan harga tetap atau bikin metode penjualan lelang dengan periode waktu 1 hari, 3 hati, atau 1 Minggu.

Kamu dikenakan biaya administrasi sebesar 12,5 persen yang dikurangkan pendapatan penjualan NFT di OpenSea.

Cara beli NFT untuk koleksi

Pembeliannya sendiri dapat dilakukan dengan berbagai jenis mata uang. Namun, beberapa marketplace NFT menghendaki penggunaan mata uang kripto tertentu untuk transaksinya.

Umumnya, cara beli NFT token hampir sama di setiap platform. Hanya terdapat perbedaan kecil dalam detailnya. Sebagai contohnya, berikut cara beli NFT di marketplace OpenSea yang dapat kamu lakukan secara mudah.
Pilih item NFT yang kamu suka di OpenSea.

Lalu klik “Buy” untuk item NFT yang sudah menetapkan harga jual atau klik “Make a offer” untuk mengajukan harga, jika penjualan menggunakan metode pelelangan.

Setelah sukses bisa klik “Checkout”. Lalu kamu akan diminta untuk login ke akun dompet digital kripto, seperti MetaMask. Pastikan ada saldo di dompet digital kamu yang sesuai dengan harga item NFT.

Tunggu beberapa menit untuk proses pembelian. Setelah sukses, maka item NFT akan muncul di halaman profil akun OpenSea kamu.

Kamu bisa menjual kembali item NFT tersebut dengan harga yang lebih tinggi di platform OpenSea. {kumparan}