News  

Buntut Unjuk Rasa Ricuh di Mapolda Jabar, Ketua Umum Ormas GMBI Ditangkap Polisi

Polda Jawa Barat (Jabar) mengamankan Ketua Umum DPP Ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia GMBI berinisial F alias Fauzan usai aksi unjuk rasa berujung kericuhan yang dilakukan di Mapolda Jabar, Kota Bandung. Kini, F masih diperiksa di Mapolda Jabar dan berstatus sebagai saksi.

“Tadi pagi sudah menangkap Ketua Umum GMBI, atas nama Saudara F, sekarang sedang dilakukan pemeriksaan termasuk juga beberapa orang yang kemarin sempat melakukan aksi dan memimpin aksi,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar pada Jumat (28/1).

Menurut Ibrahim, F diamankan di kediamannya yang terletak di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung pada Jumat (28/1) pagi.
Selain F, kini polisi masih memburu sejumlah anggota lain yang diduga terlibat dalam aksi berujung kericuhan tersebut.

“Tadi malam Ketua Umum ditangkap di kediamannya. Status masih saksi semua. Pemeriksaan akan dilakukan secara maraton, karena banyak. Supaya bisa dilihat siapa siapa yang terlibat pidana,” pungkas dia.

Mulanya, para anggota GMBI mendesak kasus dugaan pengeroyokan terhadap anggotanya di Karawang pada November 2021, diusut tuntas. Dalam pengeroyokan itu, seorang anggota GMBI tewas.

Namun tidak lama setelah massa menyampaikan tuntutan, aksi berubah menjadi ricuh. Massa yang diperkirakan ratusan orang itu memaksa menerobos masuk ke dalam gedung Polda Jabar.

Pasca demo tersebut, terdapat ratusan anggota ormas yang diamankan polisi karena melakukan aksi pelemparan, mengeroyok polisi, hingga perusakan fasilitas Mapolda Jabar.

Di antara ratusan anggota yang ditangkap, beberapa di antaranya didapati positif mengonsumsi narkotika. {kumparan}