News  

Viral! Komisaris PELNI Dede Budiyarto Salahgunakan Pelat Nomor Dinas Pejabat Kemenhan

Media sosial Twitter diramaikan dengan postingan sebuah kendaraan dengan menggunakan pelat nomor khusus bagi pejabat di Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Bermula saat akun Twitter, @xnact yang melaporkan foto mobil Fortuner dengan pelat nomor 4296-00.

“Minta tolong @Kemhan_RI via Bapa @prabowo agar plat nomor kemhan gadipake orang sembarangan dan ditertibkan, didaftar siapa saja yang pegang agar benar benar dimiliki pejabat berkepentingan,” tulis akun tersebut dikutip pada Jumat (22/1/2022).

Akun tersebut me-mention akun @kangdede78 milik Komisaris PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Kristia Budiyarto alias Kang Dede dan akun @Dahnilanzar milik Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Nanya ke orang yg pernah di kemhan @kangdede78 @Dahnilanzar. Ini kendaraan plat nomor siapa ya, tahu gak? Jijik aja gitu org gapenting tiba tiba sok penting tukang petantang petenteng di BUMN pake plat kemhan seolah pemilik negara padahal cuma kom dr jalur sosmed,” tulisnya lagi

Dahnil kemudian memastikan akan segera mengecek laporan itu. Hasilnya, pelat nomor mobil Fortuner itu ternyata palsu.

Tak lama, Dahnil membuat keterangan bahwa pelat dinas yang ada di mobil Fortuner itu sejatinya untuk kendaraan dinas jenis Avanza. Jadi, ia menyebut pelat dinas mobil Fortuner itu palsu.

“Setelah dicek oleh pihak @Kemhan_RI nomor tersebut palsu. Itu plat nomor untuk kategori mobil dinas jenis Avanza,” kata Dahnil dikutip dari Twitter pribadinya, Jumat (28/1/2022).

“Bila Anda punya info, siapa yang menggunakan plat tersebut mohon disampaikan, agar ditindak,” kata Dahnil menambahkan.

Akun @xnact kemudian menjawab Dahnil jika mobil Fortuner yang memakai plat nomor dinas palsu itu digunakan oleh Komisaris PT Pelni. “Yang punya, Komisaris Pelni yang aku mention bersama Om Dahnil. Makasih, Om,” ucap akun tersebut.

Relawan diangkat jadi komisaris

Sebelum dikenal sebagai relawan Jokowi, Kang Dede sudah cukup populer di media sosial Twitter.

Kemampuannya dalam mengamati tren media sosial inilah yang membuat Kang Dede didapuk sebagai salah satu koordinator tim media sosial Jokowi-Ma’ruf.

Kristia Budiyarto atau Kang Dede ditunjuk sebagai Komisaris independen PT Pelni oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada 2 November 2020.

Dirinya resmi menjabat posisi tersebut dengan adanya surat Kementerian BUMN Nomor: SK-354/MBU/11/2020.

Pengangkatan ini dilaksanakan Kementerian BUMN selaku pemilik modal untuk memperkuat perusahaan terutama pada masa adaptasi kebiasaan baru. {tribun}