Gantikan Posisi Valentino Rossi, Yamaha Nilai Bakat Darryn Binder Tak Jauh Beda Dari Quartararo

Manajer WithU Yamaha RNF, Wilco Zeelenberg, membeberkan alasan merekrut Darryn Binder untuk menggantik posisi yang ditinggal Valentino Rossi pada MotoGP 2022. Menurut Zeelenberg, Binder punya bakat yang tak jauh berbeda dari Fabio Quartararo.

Seperti yang diketahui, Binder bakal mengarungi MotoGP 2022 sebagai rookie usai lompat dua tingkat ke kelas utama. Dia menjadi pembalap pertama yang melakukan hal tersebut, setelah Jack Miller pada 2015.

Terahir kali Zeelenberg menangani seorang rookie di tim satelit Yamaha adalah seorang El Diablo –julukan Quartararo- yang promosi pada musim 2019. Pembalap asal Prancis itu pun langsung tampil apik di tahun pertamanya dengan mendapatkan podium dan pole position.

Kini, manajer asal Belanda itu punya Binder di dalam paddock-nya. Dia pun mengatakan bahwa pembalap berusia 23 tahun itu memiliki kemampuan yang tak jauh berbeda dengan Quartararo sehingga bisa dipromosikan ke kelas utama.

“Jelas, Fabio pertama-tama lebih muda (dari Binder). Tetapi, dia juga memiliki awal karier yang sangat bagus, ketika dia berusia 14-15 dan jelas lebih baik daripada siapa pun,” kata Zeelenberg, dilansir dari Crash, Kamis (3/2/2022).

“Darryn juga sangat kuat dan memiliki keyakinan yang kuat dan ini adalah kombinasi yang sedikit sama dengan Fabio, mereka berdua sama-sama punya hal tersebut,” imbuhnya.

“Bakat alami mereka saya pikir sedikit berbeda, tetapi tidak terlalu jauh, dan itulah alasan kami membawa Darryn langsung dari Moto3 ke MotoGP,” tuturnya.

Lalu, Zeelenberg percaya bahwa timnya bisa membimbing Binder dengan baik untuk membuatnya menjadi pembalap yang kompetitif di MotoGP. Namun menurutnya, hal itu merupakan tugas yang besar karena persaingan di kelas utama saat ini sangat ketat.

Akan tetapi, sejauh ini Binder bisa membuktikan diri bahwa dirinya layak tampil di MotoGP. Sebab, pada tiga hari Shakedown Test MotoGP 2022 di Sepang, dia tak jatuh sama sekali atau menyebabkan insiden kecelakaan yang selama ini dikhawatirkan oleh para pembalap lainnya.

Selanjutnya, Binder akan memulai petualangannya di MotoGP 2022 dalam tes resmi pramusim di Sepang pada 5-6 Februari. Dia akan ditemani oleh rekan setimnya, yakni Andrea Dovizioso. {okezone}