News  

Arifin Tasrif Terpapar COVID-19, Bahlil Lahadalia Ditunjuk Jadi Menteri ESDM Ad Interim

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, terinfeksi Covid-19. Akibatnya, jabatan yang diembannya harus diserahkan sementara kepada menteri lainnya.

Kepala Biro Kementerian ESDM, Agung Pribadi, membenarkan kondisi Arifin Tasrif yang kini tengah melakukan isolasi mandiri akibat terinfeksi Covid-19.

“Pak menteri dalam kondisi baik, dan kini tengah isoman,” ujar Agung kepada wartawan pada Jumat (4/2).

Agung memastikan, isoman yang dilakukan Arifin berlangsung selama sepekan, dan diharapkan dalam kurun waktu tersebut kondisinya sudah membaik. “InsyaAllah minggu depan sudah kembali bekerja,” imbuhnya.

Terpisah, Staf Khusus Menteri Investasi Tina Talisa menerangkan, pihaknya tela menerima surat dari Menteri Sekretariat Negara Pratikno terkait penunjukkan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia sebagai ad interim Menteri ESDM.

“Berdasarkan surat dari Menteri Sekretaris Negara tertanggal 3 Februari 2022, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Investasi/Kepala BKPM Bapak Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ad interim,” ujar Tina.

Lebih lanjut, Tina menerangkan bahwa pada hari ini Bahlil telah mulai aktif menjalankan tugas sebagai Menteri ESDM menggantikan sementara tugas Arifin.

“Pada pagi hari ini telah dilakukan rapat perdana Menteri ESDM ad interim dengan seluruh Eselon I di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,” tandasnya. {rmol}