News  

Ratusan Warga NTT Diberangkatkan Menuju IKN Nusantara, Semua Biaya Ditanggung Perusahaan

Sejumlah warga Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur ( NTT ) akan diberangkatkan menuju Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan. Semua biaya terkait keberangkatan ratusan warga Belu ke Kalimantan Timur ini bakal ditanggulangi perusahaan.

Demikian Plt. Kadis Nakertrans Kabupaten Belu, Drs. Balthasar Bouk kepada Media Kupang Jumat 4 Februari 2022.

Lanjut Balthasar menjelaskan, warga yang dikirim ke Kalimantan Timur itu akan berada di wilayah IKN Nusantara selama setahun dan akan dibiayai oleh pihak ketiga yakni PT Santan Borneo Abadi.

“Semua dibiaya dari perusahaan tanpa ada 1 rupiah yang dikeluarkan dari pribadi. Baik uang makan minum dan lain sebagainya ditanggung semua oleh perusahaan Mereka akan berada di sana selama kurang lebih 1 tahun dengan gaji perbulan Rp3 juta per orang,” pungkasnya.

Lebih lanjut, sesuai informasi dari Balthasar, total warga Belu yang dikirim ke Kalimantan Timur hingga saat ini mencapai 130 orang.

Mereka yang diberangkatkan ini akan berada di wilayah yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru yang diberi nama Nusantara itu selama setahun ke depan.

130 Warga Belu yang akan berangkat ke IKN Nusantara ini direkrut secara resmi oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmingrasi Kabupaten Belu.

Adapun tujuan perekrutan itu, kata Staf Ahli Bupati ini, untuk melakukan pekerjaan penghijauan di kawasan yang akan menjadi wilayah Ibukota Negara Indonesia.

Dijelaskannya, perekrutan 130 warga dari 12 kecamatan tersebut yang terendah dari wilayah Kecamatan Raimanuk dan Nanaet Duabesi.

“Kecamatan Raimanuk yang direkrut yakni warga Desa Renrua jumlah 9 orang, Desa Teun 2 orang, Desa Mandeu Raimanus 2 orang. Sedangkan dari Nanaet hanya 2 orang, selain itu banyak dari Kota Atambua,” urai Balthasar. {PR}