News  

Baru Mulai Fit And Proper Test, Sudah Viral Nama-Nama Anggota KPU-Bawaslu

Komisi II DPR melakukan rangkaian uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon anggota KPU-Bawaslu. Namun baru juga memulai pada hari ini, ada pesan berantai berisikan kesepakatan antarparpol untuk menetapkan calon terpilih.

Pesan yang beredar tersebut memuat daftat 7 calon anggota KPU dan 5 calon anggota Bawaslu terpilih. Disebutkan daftar itu sudah merupakan kesepakatan partai politik.

Adapun isi pesan tersebut sebagai berikut:

Kesepakatan di partai koalisi per tadi malam:

KPU :

  1. Parsadaan Harahap (HMI/Golkar)

2. Idham Holik ( HMI/Nasdem)

3. Betty Epsilon Idroos (HMI/Nasdem)

4. August Mellaz (non muslim/PDIP)

5. Yulianto Sudrajat (GMNI/PDIP)

6. Mochammad Afifuddin (PMII/PKB)

7. Hasyim Asy’ari (Ansor/Gerindra)

Bawaslu :

1. Rahmat bagja (HMI/Golkar)

2. Puadi (HMI/Gerindra)

3. Totok ( GMNI/PDIP)

4. Herwyn Jefler Hielsa Malonda (Non Muslim/Nasdem)

5. Lolly Suhenty (PMII/PKB)

Menanggapi itu, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan tidak ada kesepakatan di Komisi II terkait nama calon terpilih sebagaimana pesan berantai di atas.

“Fit and proper test-nya saja baru sekarang, kalau di Komisi II gak ada. Gak tahu kalau di luar Komisi II,” ujar Doli.

Doli menegaskan bahwa fit and proper test yang sudah mulai berlangsung hari ini sampai 16 Februari dilakukan Komisi II secara benar.

“Masa main-main, ada anggarannya lho, ngapain ini buang-buang waktu. Kerjaan saya juga banyak, ngurusin partai dan macam-macam. Ini serius,” tandasnya.

Sementara itu, berikut nama-nama baik calon anggota KPU maupun Bawaslu yang akan mengikuti fit and proper test.

14 nama calon anggota KPU: August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Adapun 10 nama calon anggota Bawaslu: Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono {suara}