News  

Viral! Masjid Disekat Pakai Triplek Untuk Cegah COVID-19, Publik Bingung: Mirip Jalanan Tamiya

Pandemi Covid-19 turut mempengaruhi pelaksanaan ibadah, terutama yang menimbulkan kerimunan seperti salat berjemaah. Apalagi dengan pelaksanaan PPKM, maka masjid diminta untuk memastikan jemaahnya saling menjaga jarak.

Biasanya masjid akan memasang tanda silang sebagai penanda di area mana saja jemaah tidak boleh menggelar sajadah. Namun yang dilakukan masjid di video ini sukses membuat publik geleng-geleng kepala.

Bagaimana tidak? Tampak masjid itu yang sampai memasang sekat dari papan triplek untuk membatasi antar jemaah. Alhasil setiap kali jemaah hendak salat, mereka harus melangkahi papan-papan penyekat tersebut.

Hal ini tampak di sebuah video yang salah satunya diunggah oleh akun Instagram @lambe_turah. Masjid itu sedang mengadakan salat berjemaah dan yang hendak bergabung terlihat cukup kesulitan lantaran harus melangkahi penyekat demi penyekat.

“Subhanallah, ini udah kayak jalanan tamiya guys. Mau salat aja disekat-sekat gini, udah kayak jalan tamiya tuh,” tutur perekam video yang mengarahkan kameranya ke hampir seluruh tempat salat di masjid.

“Salat udah kayak di (jalanan) tamiya,” imbuhnya, seperti dikutip Suara.com pada Rabu (16/2/2022).

Tampak jeda antar penyekat itu dipastikan hanya cukup untuk ditempati seorang jemaah. Selain disekat dengan papan, beberapa bidang salat pun ditandai dengan tanda silang, penanda tidak boleh beribadah di situ.

Penyekatan yang diberlakukan oleh pengelola masjid ini sukses membuat publik geleng-geleng kepala. Termasuk sang perekam video yang menilai penyekatan ini terlalu berlebihan, sekalipun dimaksudkan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Mati mah ati aja walau di dalam bunker besi. Takut amat sama Covid,” pungkas sang perekam video.

Penyekatan tempat salat yang cukup ekstrem ini juga mendapat beragam komentar dari warganet. Tak sedikit yang kemudian membandingkan upaya pengendalian penularan Covid-19 di tempat ibadah dan pusat kerumunan lain seperti mall.

“Orang Orang Pada Kenapa Sih ,” komentar seorang warganet.

“Njir jalan tamiya. ,” seloroh warganet.

“Masuk mall aja santai gak ada protokol ketat eh masuk masjid itu yang masuk dalam keadaan suci lo gak kayak orang masuk tempat ibadah lain mulai ujung rambut sampek kaki dibersihkan ngapain juga harus pake protokol seketat itu,” tutur warganet.

“Kalau emang bener banyak virus, ya kali virus nya gak bisa melewati tuh penghalang,” celetuk warganet, tidak habis pikir.

“Udah kek main warnet ajaa ya sekarang,” timpal yang lainnya, membandingkan situasi di masjid dengan warnet. {suara}