News  

Mensos: Bantuan Pengungsi Gunung Agung Aman

Mensos: Bantuan Pengungsi Gunung Agung Aman Radar Aktual

Gunung Agung, Bali, kembali erupsi. Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham memastikan seluruh pengungsi mendapatkan bantuan dari pemerintah di tempat pengungsian.

“Gunung Agung sama seperti penanganan Gunung Merapi di Yogyakarta yang saya sudah sering ke sini, sudah bentuk namanya kampung siaga bencana di daerah yang rawan bencana. Juga telah ada Tagana di tiap kabupaten/kota. Juga siapkan stok logistik di gudang di daerah, dalam rangka pemberian bantuan tanggap darurat jika terjadi bencana tiba-tiba,” kata Idrus, kepada wartawan di Ambarrukmo Hotel, Sleman, Rabu (4/7/2018).

Idrus mengungkapkan Kementerian Sosial memiliki tanggung jawab terhadap warga terdampak bencana. “Di awal sudah ada pembagian masker kepada warga yang terkena dampak hujan abu,” sambung Politisi Golkar asal Pinrang ini.

Ribuan warga dilaporkan sempat mengungsi di 28 titik pengungsian di Kabupaten Karangasem dan Gianyar, Selasa (3/7) kemarin.

Idrus menambahkan tahap awal penanganan setelah Gunung Agung kembali erupsi, Dinas Sosial setempat juga sudah melakukan penanganan sesuai prosedur. Dalam rangka tanggap darurat juga sudah didirikan tenda pengungsian, dapur umum, dan mobil dapur umum yang bisa berkeliling.

“Polanya sama dalam setiap penanganan warga terdampak bencana alam di tiap daerah, kalau ada kebutuhan (daerah) langsung koordinasi dengan kita,” terangnya.