News  

5 Kota Tersepi di Indonesia, Ada Yang Hanya Dihuni 93 Ribu Penduduk Saja

Mendengar kota pasti yang terlintas di benakmu adalah daerah padat penduduk, fasilitas lengkap dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Tapi, tahukah kamu, ternyata deretan kota di Indonesia ini justru dianggap paling sepi dan jauh dari keramaian?

Menurut data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Indonesia sebagai negara kepulauan ternyata memiliki 98 kota.

Nah, dari puluhan kota di Indonesia, ternyata ada 5 kota yang bisa dikategorikan sebagai kota yang dihuni oleh sedikit penduduk, seperti dikutip dari kanal YouTube Angka dan Data.

Bahkan, salah satunya ada kota yang hanya dihuni sebanyak 93.710 jiwa saja, berdasarkan data jumlah penduduk pada Juni 2021.

Penasaran di mana saja? Yuk, simak ulasannya.

5. Kota Pagaralam, Sumatera Selatan

Kota yang terletak di Sumatera Selatan ini berada dalam urutan kelima kota paling sepi di Indonesia. Menurut catatan kependudukan per Juni 2021, Kota Pagaralam berpenduduk sebanyak 140.736 jiwa.

Meski demikian, Kota Pagaralam memiliki lahan kota begitu luas yang mencapai 634 kilometer (km) persegi, sehingga kepadatan penduduk hanya sekitar 233 jiwa per km persegi.

4. Kota Dumai, Riau

Kota tersepi di Indonesia berikutnya berada di Provinsi Riau, yaitu Kota Dumai.

Meski memiliki wilayah terluas ketiga di Indonesia yang mencapai 1.623 km persegi, jumlah penduduk di kota ini hanya mencapai 323.090 jiwa saja, menurut data per Juni 2021. Sehingga membuat kepadatan penduduk di kota hanya mencapai 199 jiwa per km persegi.

Kota Dumai menjadi kota nomor 4 kota paling sepi di Indonesia berdasarkan rata-rata kepadatan penduduk.

3. Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Palangka Raya masuk sebagai kota tersepi di Indonesia berdasarkan rata-rata kepadatan penduduk. Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah yang juga pernah menjadi kandidat calon ibu kota baru Indonesia ini, berada di urutan ketiga kota tersepi di Indonesia dengan luas wilayah 2.400 km persegi.

Wilayah Palangka Raya sangat luas, namun dengan kepadatan penduduk hanya mencapai 286.704 jiwa per Juni 2021. Sehingga jika dihitung rata-rata, kepadatan penduduk kota Palangka Raya hanya mencapai 119 per km persegi.

2. Tidore, Maluku Utara

Kota Tidore terletak di Kepulauan Maluku Utara menempati posisi kedua sebagai kota tersepi di Indonesia.

Memiliki luas mencapai 1.646 km persegi, Kota Tidore nyatanya hanya dihuni oleh penduduk sebanyak 115.406 jiwa per Juni 2021. Sehingga Kota Tidore terbilang menjadi kota yang tidak terlalu padat penduduk, karena hanya 70 jiwa per km persegi.

1. Kota Subulussalam, Aceh

Kota paling sepi di Indonesia ternyata berada di Pulau Sumatera. Ya, Kota Subulussalam di Aceh berada di urutan pertama sebagai kota paling sepi di Indonesia.

Jumlah penduduk yang sedikit dan luas wilayah yang besar, menjadikan Kota Subulussalam sebagai kota paling sepi di Indonesia berdasarkan rata-rata kepadatan penduduk.

Jumlah penduduk yang ada di kota ini sangat sedikit, yaitu mencapai 93.710 jiwa per Juni 2021 dengan luas kota sebesar 1.391 km persegi. Maka, rata-rata kepadatan penduduk di kota ini hanya 67 jiwa per km persegi.

Dengan luasnya tersebut, Kota Subulussalam menjadi kota dengan luas wilayah terbesar keempat di Indonesia. {kumparan}