Ini 5 Alasan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan Setuju Pemilu 2024 Diundur

Setelah Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen NasDem Johnny G. Plate, kini giliran Ketum PAN Zulkifli Hasan yang menyuarakan dukungan terhadap wacana penundaan Pemilu 2024.

“Setelah mendengar masukan dan aspirasi dari berbagai kalangan, PAN setuju bahwa pemilu perlu dipertimbangkan untuk diundur,” kata Zulkifli Hasan di Gedung DPR, Jumat (25/2).

“Kami, memutuskan setuju pemilu diundur,” lanjut dia.

Menurut pria yang akrab disapa Zulhas ini ada sejumlah alasan mengapa Pemilu 2024 harus dipertimbangkan untuk diundur. Pertama, situasi pandemi yang masih berlangsung dan memerlukan perhatian khusus. Sehingga perlu ada perpanjangan masa jabatan Jokowi.

“Kedua, kondisi perekonomian yang belum stabil, sehingga pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat masih perlu melakukan pemulihan untuk kembali bangkit,” kata Zulhas.

Alasan ketiga yaitu perkembangan situasi konflik global yang perlu diantisipasi. Misalnya perang Rusia dan Ukraina serta tidak menentunya harga minyak dunia.

“Keempat, anggaran pemilu yang justru membengkak dari rencana efisiensi lebih baik dikonsentrasikan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat,” kata Wakil Ketua MPR Fraksi PAN ini.

Alasan kelima, Zulhas menilai keberlangsungan program-program pembangunan nasional yang sebelumnya tertunda akibat pandemi harus terus dijalankan. Oleh sebab itu, Pemilu 2024 perlu diundur.

Selain itu, Zulhas juga menyebutkan bahwa penilaian dan persepsi masyarakat tentang kinerja presiden Jokowi justru sangat tinggi. Berbagai survei, kata Zulhas, mengungkap tingkat kepuasan pada Jokowi di atas 73%.

“Hal ini menunjukkan pengakuan masyarakat untuk keberhasilan pemerintah dalam menghadapi pandemi dan berbagai situasi yang tidak menentu,” tutup dia. {kumparan}