Alamat Binomo dan Quotex Sama, Doni Salmanan dan Indra Kenz Kompak Tutup Mulut Soal Pemiliknya

Penangkapan Doni Salmanan dan Indra Kenz terkait investasi bodong binary option masih menyimpan tanda tanya besar: Siapa pemilik aplikasi trading ilegal dan Quotex?

Pertanyaan tersebut sampai sekarang masih belum terjawab. Baik Doni maupun Indra sama-sama tidak kooperatif saat diperiksa penyidik Bareskrim Polri.

Alamat Binomo

Binomo merupakan platform buatan luar negeri dan gencar masuk Indonesia lewat iklan di media sosial. Meski rajin promosi, informasi tentang pendiri perusahaan hingga kantor pusat dan cabangnya masih misterius.

Berdasarkan pantauan kumparanTECH di situs webnya, yang sekarang sudah diblokir Kominfo, tertulis nama kontak perusahaan Dolphin Corp LLC. Mereka berkantor di Lantai 1, Gedung First St. Vincent Bank Ltd, Jalan James, Kingstown, St.Vincent and the Grenadines.

Saint Vincent and the Grenadines adalah sebuah negara kecil di laut Karibia sekitar 350 km utara pesisir Venezuela.

Negara berpopulasi 110.000 jiwa ini, dikutip dari situs ICD Fiduciaries, merupakan negara ‘tax haven’ atau ‘surga pajak’, sebutan negara yang menawarkan pajak rendah bagi perusahaan atau personal yang menjalankan bisnis atau mendaftarkan bisnis di negara tersebut.

Sementara sumber lain yang berasal dari Crunchbase, situs web informasi bisnis, Binomo berlokasi di Bridgtown, Saint Michael, Barbados. Lagi-lagi, Barbados adalah sebuah negara kecil di laut Karibia dan juga salah satu negara tax haven, menurut Investopedia.

Crunchbase, termasuk media sosial bisnis LinkedIn, mencatat ada sejumlah petinggi Binomo. Mereka di antaranya adalah Aleks I sebagai Deputy CFO, dan Laylah Ali Otham sebagai Managing Director di Nigeria.

Alamat Quotex

Menariknya, platform Quotex juga menuliskan alamat kantor yang sama dengan Binomo di situs webnya. Mereka menyebut Maxbit LLC. sebagai nama kontak perusahaan induknya.

Hampir tidak ada jejak digital yang jelas dari perusahaa tersebut. Jika dicari di mesin Google, hasil paling atas adalah website maxbitlcc[.]net, itu pun masa berlaku domainnya sudah habis.

Bahkan di situs web profesional LinkedIn, tidak ada satu pengguna diketahui bekerja di Maxbit LCC. Perusahaan ini juga tidak terdaftar CrunchBase.

Misteri Pemilik Aplikasi Binomo dan Quotex

Sebagai tersangka kasus penipuan, judi online, tindak pidana pencucian uang (TPPU), Doni Salaman dan kompak tak mengungkap identitas pemilik Binomo dan Quotex.

“(Terkait) Binomo itu dia mengatakan, si Indra Kenz itu, dia mengatakan dia tidak kenal. Dia menutupi.” Dirtipideksus Polri Brigjen Pol Whisnu Hermawan lewat keterangannya, Rabu (2/3).

Hal yang sama juga terjadi pada Doni Salaman. Lewat pengacaranya, Doni mengaku hanya menjalankan kerja sama terkait promosi Quotex dan tidak mengetahui siapa pemilik platform tersebut.

Polri sendiri sudah menyita aset kekayaan Indra Kenz senilai Rp 57,2 miliar, sedangkan Doni mencapai Rp 60 miliar.

Dari hasil proses identifikasi sementara polisi menduga pemilik Binomo berada di Indonesia. Namun, Whisnu tak mau bicara lebih dalam karena penyeledikan masih dilakukan.

“Bahwa kami duga ada di Indonesia. Pemilik ada di Indonesia. Kami masih dalami,” kata Whisnu di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (10/3).

Tak menutup kemungkinan polisi juga akan memburu orang-orang di balik operasional Binomo dan Quotex di Indonesia.

Sosok-sosok inilah yang sedang dicari oleh kepolisian, entah itu dari lembaga agensi, perwakilan, atau manajemen, yang diutus untuk menjalankan operasional serta pemasaran Binomo maupun Quotex. {kumparan}