MotoGP: Terima Kasih Indonesia Atas Sambutannya Yang Hangat

MotoGP memberikan ucapan terima kasih pada gelaran MotoGP Mandalika di Indonesia yang berlangsung pada 18-20 Maret lalu. MotoGP turut senang dengan kembalinya Indonesia sebagai tuan rumah balapan MotoGP setelah vakum selama 25 tahun.

Setelah penyelenggaraan MotoGP Mandalika selesai, MotoGP menyampaikan rasa puas mereka terhadap gelaran tersebut.

“Terima kasih, Indonesia, atas sambutan yang hangat, cinta untuk olahraga ini dan hiburan bagi kami semua meskipun harus melewati hujan dan juga penundaan balapan,” tulis MotoGP dalam akun instagram milik mereka.

MotoGP juga senang lantaran Indonesia sudah mengikat kontrak untuk menggelar seri balapan MotoGP di tahun-tahun berikutnya.

“Setelah penantian panjang selama 25 tahun tanpa GP Indonesia, kami senang karena kini hanya menunggu satu tahun lagi untuk bisa kembali ke sini,” kata MotoGP dalam pernyataan mereka.

Balapan MotoGP Mandalika yang digelar pada Minggu (20/3) berlangsung dalam kondisi cuaca yang susah diprediksi.

Pada balapan Moto2, jumlah lap bahkan sempat dipangkas dari 25 lap menjadi 16 lap. Hal itu dilakukan lantaran kondisi aspal yang terlalu panas. Jumlah lap MotoGP juga sudah direncanakan dipangkas akibat kondisi cuaca tersebut.

Namun ternyata, setelah balapan Moto2 selesai, hujan mulai mengguyur Sirkuit Mandalika. Hujan membuat jadwal balapan MotoGP Mandalika ditunda.

Situasi hujan deras kemudian membawa cerita lain ketika sosok pawang hujan bernama Raden Roro Istiati masuk ke lintasan Sirkuit Mandalika untuk melakukan ritual menangkal hujan.

Balapan akhirnya dimulai pukul 15.15 WIB, 1 jam 15 menit dari jadwal awal yang direncanakan. Balapan MotoGP Mandalika dimenangkan oleh Miguel Oliveira sedangkan podium kedua dan ketiga ditempati oleh Fabio Quartararo dan Johann Zarco.

Balapan MotoGP 2022 berikutnya adalah MotoGP Argentina pada 3 April mendatang. {cnn}