Berada Di Puncak Klasemen Sementara MotoGP 2022, Enea Bastianini Ogah Jumawa

PEMBALAP tim Gresini Ducati, Enea Bastianini, ogah jemawa soal posisinya yang tengah berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2022.

Meski kini posisinya mengungguli sejumlah pembalap bintang, seperti Fabio Quartararo hingga Marc Marquez, Bastianini merasa hal itu tidaklah penting karena musim yang masih begitu panjang.

Bastianini menjadi pembalap pertama yang memenangi balapan di MotoGP 2022. Dia tampil mengesankan di seri pembuka yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar. Alhasil, dia bisa mengamankan peringkat pertama dan meraih 25 poin awal.

Bastianini kemudian mencoba peruntungannya sekali lagi di MotoGP Mandalika 2022, pada 20 Maret. Tapi sayang, di balapan yang diwarnai genangan air imbas diguyur hujan deras itu, Bastianini finis di urutan ke-11.

Pengalaman Bastianini di cuaca basah dengan motor MotoGP memang masih cukup sedikit. Dia hanya mengikuti dua GP yang diguyur hujan.

Setelah start dari urutan kelima, Bastianini harus mengalami penurunan posisi pada balapan yang dipersingkat menjadi 20 lap itu. Finis di peringkat 11 itu, dia hanya bisa menambah 5 poin di klasemen.

Meski begitu, Bastianini terus memimpin klasemen. Koleksi poinnya terpaut dua angka dari Brad Binder yang berada di bawahnya dan lima angka dari sang pemenang MotoGP Mandalika, Miguel Oliveira.

Namun bagaimanapun, Bastianini mengatakan fakta ini tidak sepenting memperbaiki performanya di cuaca basah ke depan.

“Ya, saya tidak terlalu senang dengan balapan itu karena saya lebih suka kondisi tetap kering. Tapi tidak apa-apa, saya memulai dengan sangat lambat dan setelah saya kehilangan banyak posisi,” ucap Bastianini, dikutip dari Motorsport, Kamis (24/3/2022).

“Sekali lagi, saya adalah pemimpin kejuaraan, tetapi ini tidak terlalu penting bagi saya. Saya ingin melakukan balapan yang lebih baik untuk balapan berikutnya jika hujan,” lanjutnya.

Pencapaian Bastianini Ini menandai musim ketiga berturut-turut di mana pembalap satelit memimpin klasemen setelah dua balapan pertama.

Sebelumnya pada 2021, Johann Zarco dari Pramac Ducatu mencatatnya, ada juga Fabio Quartararo melakukan hal yang sama untuk Petronas SRT pada 2020.

Saat ini, para pembalap akan mempersiapkan diri untuk balapan selanjutnya pada 4 April 2022. Seri ketiga ini akan digelar di Sirkuit Termas De Rio Hondo, Argentina. {okezone}