Amali: Kinerja Komisi II DPR Tak Bakal Kendor Karena Pemilu

Amali: Kinerja Komisi II DPR Tak Bakal Kendor Karena Pemilu Radar Aktual

Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019 diyakini Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali takkan mengendurkan semangat Komisi II DPR RI melaksanakan fungsi legislasi, anggaran serta pengawasan.

Seperti diketahui, lebih dari setengah Anggota DPR RI saat ini kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif periode 2019-2024. Tentu saja anggota tersebut berupaya di dapilnya masing-masing agar kembali terpilih.

“Rapat kerja akan tetap ada, kita juga mengalokasikan waktu bagi Anggota Komisi II untuk berkunjung ke dapilnya. Jadi rapat tetap jalan, urusan legislasi terus kita bahas, urusan anggaran tetap kita selesaikan dan pengawasan terus berjalan dengan baik, serta kerja anggota di dapilnya tetap jalan,” terang Zainudin di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Melihat catatan ke belakang, dimana tahun 2015, 2017 dan 2018 Indonesia melakukan penyelenggaraan Pilkada serentak, menurut Zainudin itu ranah fungsi legislasi Komisi II DPR RI. Dalam kurun waktu tersebut, Komisi II DPR RI juga telah melakukan revisi terhadap Undang-Undang tentang Pemilu.

“Tadinya itu terdiri dari 3 undang-undang. Yakni UU tentang Pilpres, UU tentang Pileg dan UU tentang Penyelenggara Pemilu, kemudian disatukan menjadi satu undang-undang yaitu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” imbuh politisi Partai Golkar itu.

Di penghujung masa jabatan ini, ia juga mengajak segenap Anggota Komisi II DPR RI tetap fokus pada apa yang telah diamanahkan masyarakat. “Kita juga harus memberikan kado terindah bagi DPR yang pada tanggal 29 Agustus 2018 nanti akan berulang tahun ke-73,” tambah Zainudin Amali.

Ia yakin, pihaknya tetap konsentrasi pada dua hal, yaitu pemilu dan tentang pertanahan. Setiap masa sidang biasanya, Komisi II DPR RI menerima masukan permasalahan pertanahan yang ada.

Lalu permasalahan tersebut akan dikirim langsung ke Kementerian/ Lembaga yang membidangi dan sesegera mungkin duduk dan dibahas bersama antara Komisi II DPR RI dengan mitra terkait.

“Kita ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia juga bagi DPR. Dalam waktu yang singkat ini, kita terkonsentrasi pada Pileg dan Pilpres. Kemudian yang kedua tentang pertanahan. Kita tidak mau melebar kemana-mana, karena menyebabkan tidak fokus dan tidak bisa dilaksanakan,” pungkas politisi dapil Jawa Timur ini.