News  

APJATI Siap Tempatkan Pekerja Migran Sektor Formal ke Uni Emirat Arab

Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) tengah persiapkan perusahaan –perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI) anggotanya menempatkan ribuan PMI ke negara Persatuan Emirat Arab (PEA).

Ini menyusul telah ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara APJATI dengan Alqadar Company dan kontak bisnis dengan sejumlah perusahaan untuk penempatan PMI ke negara itu pada Indonesia Labour Market (IML) yang diselenggarakan Kedutaan Besar RI.

Hal itu dikemukakan  Perwakilan APJATI untuk Timur Tengah Aishah Mohammed pada RadarAktual dari Jakarta, Minggu (10/4/2022). Aishah menjelaskan, pihaknya   telah dipertemukan Duta Besar RI di PEA , Husin Bagis dengan 32 perusahaan calon pengguna PMI. Dari pertemuan itu diperoleh peluang menempatkan PMI sebanyak mungkin ke negara itu.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abu Dhabi menyelenggarakan Indonesian Labour Market (ILM) Tahun 2022, guna mempromosikan pekerja asal Indonesia di sektor formal di negara tersebut. Penyelenggaraan acara ini diadakan pada (29/3) lalu, di Beach Rotana Hotel, Abu Dhabi.

Kegiatan ILM dihadiri tidak kurang dari 50 perusahaan PEA yang bergerakdi sektor kesehatan, hospitality, transportasi umum, migas, konstruksi dan manpower suplies;.

Bidang pekerjaan yang diminta para user di negara itu menurut  Aishah Mohammad meliputi  kesehatan, hospitality, transportasi umum, migas, dan konstruksi.

Aishah sendiri sebagai Perwakilan APJATI di Timur Tengah telah meneken MoU dengan  Alqadar Company, Uni Emerat Arab untuk menempatkan PMI sektor hospetality dan juga telah melakukan komitmen dengan sejumlah perusahaan lain untuk mengisi lowongan kerja di bidang konstruksi, perhotelan dan permiyakan.

Tentang kapan dimulainya pelaksanaan kontrak dan penempatan PMI ke PEA pasca ditekennnya MoU dan komitmen bisnis dengan sejumlah perusahaan, Aishah menyebutkan, kini pihak Apjati sedang follow up cost sructure  dan kebutuhan mereka adalah immediate.

Disebutkannya, begitu besar peluang kerja sektor formal di PEA dan dibutuhkan banyak perusahaan P3MI untuk  melaksanakannya. Anggota Apjati cukup banyak dan berpengalaman untuk menyediakan dan menempatkan calon pekerja yang bekomptensi dengan skill  seperti yang diinginkan user di PEA.

Aishah yakin permintaan perusahaan-perusahaan di PEA itu akan dapat dipenuhi oleh P3MI  anggota Apjati.

Erwan Mayulu, Pengamat Ketenagakerjaan