News  

Syahganda Nainggolan: Makin Lama Jokowi Bertahan, Makin Banyak Mahasiswa Turun Bergerak

Ketua Dewan Direktur Sabang Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan angkat bicara menyoroti rencana mahasiswa turun ke jalan, Senin (11/4).

Dia meyakini mahasiswa akan terus bergerak karena sudah tidak percaya lagi dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo. “Saya kira makin lama Jokowi bertahan, makin banyak mahasiswa yang turun bergerak,” ujar Syahganda dalam keterangannya, Minggu (10/4).

Syahganda lantas menyebut sejumlah alasan yang membuat banyak mahasiswa dan masyarakat tak lagi percaya dengan Presiden Jokowi.

“Salah satu contoh mengenai statemen Jokowi akan memperkuat KPK, yang kemudian justru berbeda, tidak sebagaimana diharapkan oleh publik,” ucapnya.

Syahganda juga menyoroti wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode.

Dia menilai hal tersebut sangat melukai hati masyarakat, apalagi wacana disuarakan oleh sejumlah tokoh yang berada di lingkaran pemerintahan dan kekuasaan.

“Mahasiswa melawan karena ada upaya perpanjangan jabatan hingga tiga periode,” tutur Syahganda.

Menurut tokoh alumni mahasiswa ITB era 80-an ini, para mahasiswa tetap tidak percaya, meski Presiden Jokowi sudah melarang para menterinya bicara soal wacana perpanjangan masa jabatan.

Pasalnya, belum ada pernyataan tegas dari Jokowi yang menegaskan menolak dan tidak bersedia menjabat tiga periode.Syahganda lebih lanjut mengatakan para mahasiswa juga makin peka melihat penderitaan masyarakat, menyusul kenaikan harga kebutuhan pokok.

“Jadi, sudah bertemu isu kultural dengan isu struktural (masalah ekonomi). Ini beban bangsa yang akan dibawa oleh mahasiswa beserta rakyat,” kata Syahganda. {fajar}