Andrea Dovizioso Ungkap Penyebab Fabio Quartararo Terseok-seok di Awal Musim MotoGP 2022

Pembalap Yamaha RNF, Andrea Dovizioso, mengomentari penampilan Fabio Quartararo bersama tim pabrikan Yamaha di MotoGP 2022. Melihat Quartararo belum tampil ciamik, Dovizioso pun membeberkan penyebabnya.

Ya, MotoGP 2022 telah berjalan empat seri. Ada GP Qatar, Indonesia, Argentina, dan Amerika. El Diablo -julukan Quartararo- pun baru meraih sebiji podium usai finis kedua saat melintasi Sirkuit Mandalika, pada 20 Maret 2022.

Dovizioso pun tahu betul mengapa pembalap asal Prancis itu gagal bersaing pada musim ini. Mengingat, pembalap veteran ini menunggangi motor yang sama dengan Quartararo, yakni YZR-M1.

Mesin pada YZR-M1 memiliki penuh kekurangan, terutama performanya. Sulit untuk menjadi yang tercepat di setiap grand prix dengan YZR-M1. Pasalnya, para pembalap harus balapan sesuai dengan karakteristik motor tersebut, bukan gaya balapannya sendiri.

“Ada dua sisi cerita. Salah satunya adalah seberapa kompetitif Yamaha. Itu adalah area yang dikeluhkan Fabio,” kata Dovizioso, dikutip dari Motorsport-Total, Minggu (17/4/2022).

“Itu menyangkut kurangnya performa mesin. Cerita lainnya adalah bagaimana bersaing dengan karakteristik Yamaha saat ini,” sambungnya.

Di sisi lain, cengkraman ban YZR-M1 menjadi yang terburuk dari mesinnya. Tak seperti motor-motor Yamaha sebelumnya yang selalu unggul dalam tikungan, YZR-M1 tahun ini sulit untuk melakukan overtaking saat melakukan tikungan kecepatan tinggi.

“Ini sangat, sangat sulit. Menurut saya, masalah terbesar bukan pada mesinnya, melainkan pada gripnya,” keluhnya.

Dovizioso pun mengaku kesulitan menguasainya. Bahkan, dirinya sampai terseok-seok pada musim ini, setelah hanya mampu mengumpulkan tiga poin dari empat grand prix. Pembalap asal Italia tersebut menduduki urutan ke-21.

Sedangkan El Diablo menjadi pengguna YZR-M1 terbaik. Dia telah mengumpulkan 44 poin dan sebuah podium yang terpasang kuat di papan atas, tepatnya peringkat kelima.

Sebagai informasi tambahan, grand prix selanjutnya hanya tinggal menghitung hari untuk berpindah ke GP Portugal 2022. Marc Marquez dan para pembalap lainnya akan mengaspal di Sirkuit Algarve, yang rangkaian balapannya dimulai pada 22-24 April. {okezone}