News  

Driver Ojol Lapor Uang Rp.65 Juta Raib Modus Undian, Polisi Balik Tanya: Kenapa Uangnya Banyak?

Irwanuari Kiswanto, seorang pengemudi ojek online (ojol) Semarang tertipu oleh orang tak dikenal dengan modus undian berhadiah. Akibatnya, uang tabungan yang dimiliki warga Sembungharjo, Genuk Kota Semarang, Jawa Tengah sebesar Rp65 juta amblas.

“Uang itu hendak saya gunakan untuk bangun rumah, kalau ingat kejadian itu saya kepingin nangis,” ucap pria yang akrab disapa Irwan itu kepada Tribunjateng.com, Rabu (20/4/2022).

Aksi penipuan itu terjadi Selasa (19/4/2022) sekira pukul 11.44 WIB. Mula-mula korban sedang mengantarkan penumpang Menoreh Sampangan ke Unnes.

Ketika di perjalanan, ia mendapatkan panggilan telepon via nomor Whatsapp 1(401)777-7910. Penelpon mengaku dari sebuah bank terkemuka milik pemerintah.

Irwan ketika ditelpon diimingi-imingi mendapatkan hadiah undian berupa TV, handphone dan motor. Ia tak terlalu menggubris karena sedang mengantarkan penumpang. Selepas orderan ditunaikan, ia kembali dihubungi nomor tersebut.

Ia diminta suruh konfirmasi lewat link yang dikirim oleh penipu tersebut dengan alasan untuk melihat poin hadiah di bank tersebut.

“Saat itu pikiran saya kosong, nge-blank dan tiba-tiba menurut saja perintah penelpon itu,” beber Irwan.

Ia pun lalu mengklik link yang dikirim pelaku via SMS. Korban diminta memberitahukan kode One time pasword (OTP). Padahal kode OTP adalah kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang dapat disalahgunakan jika diketahui oleh orang lain.

Alhasil uang Rp31 juta dari ATM BRI miliknya ludes. “Saya ikuti alur penelpon, saya seperti terhipnotis,” bebernya.

Tak puas hanya kuras satu ATM, pelaku terus memperdaya korban. Irwan diminta kode OTP bank lain miliknya dengan alasan kode OTP bank pertama tidak bisa.

Dengan lugu, Irwan memberitahukan uang Rp34 juta di rekening BCA-nya. Ia pun kirim kode OTP bank tersebut sehingga total kerugian yang dialaminya Rp65 juta. “Enggak tahu kenapa, saya jawab iya, iya dan iya,” ungkapnya.

Selepas itu, ia diminta menunggu selama 20 menitan. Bukannya dapat hadiah, nomornya malah diblokir pelaku. “Habis itu saya baru sadar. Firasat tidak enak. Benar saja. Saya cek dua ATM itu uangnya ludes semua,” terangnya.

Ia menyebut, selepas kejadian melapor ke pihak kepolisian. Bukannya mendapatkan penanganan serius, ia malah ditanya, “kenapa uangnya banyak?”

“Saya jawab. Uang itu dapat kredit KUR Rp30 juta belum saya pakai. Sisanya hasil nabung 7 tahun. Rencana uang itu mau bikin rumah selepas lebaran,” tuturnya.

Ia mengaku, selama ini tinggal bersama orangtuanya. Hasil kerja jadi ojol dan kerja serabutan serta ngutang bank hanya demi bangun rumah sederhana.

“Saya ngojek sudah hampir 5 tahun dan sebelumnya kerja serabutan,” terangnya.

Ia berharap, kasusnya dapat diusut tuntas karena baginya nilai itu sangat besar. “Itu uang besar sekali, apa bisa balik? Saya ingin uang itu balik. Jangan semuanya, hanya separuh tidak apa-apa,” jelasnya.

Korban telah melaporkan kejadian itu ke pihak Polrestabes Semarang, Selasa (19/4/2022) pukul 15.30 WIB. Tribun berupaya menghubungi Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Donny Lombantoruan. Namun hingga berita ini ditulis, upaya konfirmasi Tribun belum direspon. {tribun}