News  

Macet Arus Balik Lebaran: Bekal Habis, Kelelahan, Hotel Penuh, Tidur di Mobil

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pergerakan penumpang ke Jakarta tinggi di puncak arus balik Lebaran 2022.

Dia mencatat dari 1.130 pergerakan pesawat Minggu, 8 Mei 2022, sekitar 570 pergerakan atau 40 persen terjadi di terminal II Bandara Soekarno Hatta.

“Paling tidak ada 3.500 orang per jam mendarat di terminal 2 ini,” kata Budi dalam rekaman suara yang diterima Tempo pada Minggu, 8 Mei 2022.

Secara keseluruhan dia mencatat akan datang dan pergi 150 ribu penumpang di Bandara Soetta hari ini. Menurutnya, pergerakan penumpang hari ini merupakan rekor tertinggi selama pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, dia menugaskan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaladdin untuk merapatkan dengan stakeholder dalam mempersiapkan kedatangan ribuan penumpang tersebut.

Dia mengatakan sudah ada persiapan dari para stakeholder, seperti menambah tenaga, menambah jumlah baggage handling system (BHS) yang digunakan dan juga koordinasi intens.

Budi juga mengimbau masyarakat yang masih ada di kampung halaman untuk menunda perjalanan balik pada hari ini, karena diprediksi pergerakan kendaraan akan sangat padat hari ini.

“Silakan kembali setelah hari ini. Masyarakat bisa merayakan lebaran ketupat dulu besok. Sehingga ini akan memberikan relaksasi juga bagi kepadatan jalan,” kata Budi.

Pada kesempatan yang sama, Novie memperkirakan dari 3.500 penumpang dalam satu jam, tiap orang membawa 3 tas. Dengan begitu jumlah tas yang akan tiba sekitar 10 ribu tas per satu jam.

Karena itu, Novie menyiapkan 12 BHS dan personel tambahan. “Ini harus bisa dilayani dengan baik,” ujarnya.

Dia menuturkan pelayanan sebelumnya itu dibutuhkan 1-1,5 jam dari turun pesawat sampai bagasi keluar.

Dia berharap hal itu bisa lebih baik lagi.

“Tidak lebih buruk dari kemarin. Karena tenaga sudah ditambah BHS juga sudah ditambah, mudah-mudahan ini akan memperlancar pelayanan,” kata Novie.(Sumber)