Terkait Jokowi Beri Sinyal Dukung Ganjar, Masinton Pasaribu: Capres PDIP Kewenangan Ketum

Presiden Jokowi memberi sinyal eksplisit mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 dalam Rakernas Projo.

Meski, ia meminta Projo tak tergesa-gesa menentukan capres yang akan didukung.

Terkait hal ini, politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan penentuan capres yang akan diusung partai merupakan kewenangan dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ia menyebut saat ini PDIP belum fokus membahas capres.

“Kalau sikap PDIP terkait capres dan cawapres untuk 2024 nanti ada kewenangan Ibu Ketum, Megawati. Karena Kongres PDIP memandatkan pada Ibu Ketum untuk memutuskan itu. Jadi kalau ada kami hari ini berfokus belum ada bicara tentang capres,” kata Masinton di Gedung DPR, Senayan, Senin (23/5).

Masinton menuturkan Rakernas Projo juga bukan merupakan forum resmi parpol untuk memberikan dukungan capres kepada tokoh tertentu.

“Kalau kami keputusan partai itu ada di Bu Ketum. Ya acuan kami itu. Kalau ada kemarin itu kan bukan forum parpol. Itu forum ormas Projo,” ucap dia.

Ia menegaskan PDIP tak akan mencampuri urusan ormas terkait pilpres 2024. Yang pasti, PDIP memiliki forum membahas sejumlah isu strategis yakni Rakernas pada 10-13 Juni mendatang.

“Itu kan enggak mau campurilah urusan ormas lain yang jelas kalau PDIP forumnya nanti bulan 6 mau ada Rakernas,” kata anggota komisi XI DPR ini.

Lebih lanjut, Masinton menambahkan agenda Rakernas akan melakukan konsolidasi dan membahas program verifikasi pemilu.

“Biasa lah kalau Rakernas konsolidasi progam kepartaian, program verifikasi pemilu, beri parpol dan lain-lain. Rencana Juni,” tandas Masinton.(Sumber)