News  

Kisah Alfaza Rahman, Anak Petani Pasaman Raih Nilai Sempurna 1.000 di UTBK 2022

Alfaza Rahman, siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Padang Pariaman, Sumatera Barat berhasil meraih nilai sempurna yakni 1.000 untuk mata pelajaran Kimia di Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) 2022.

Nilai sempurna itu mengantarkan dia masuk ke perguruan tinggi negeri pilihannya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

“Waktu aku mengerjakan soal aku Kimia aku percaya diri karena aku memang suka Kimia. Aku suka karena nonton film Iron Man,” ujarnya kepada Tempo pada Senin, 4 Juli 2022.

Gara-gara menonton film Iron Man, laki-laki berusia 18 tahun ini menjadi suka pelajaran Kimia. Mulanya, Alfaza penasaran apa yang ada di dalam dada Iron Man. Dia kemudian mencari jawaban itu di internet.

Dari situ, dia mulai tertarik membaca jurnal dan artikel ilmiah salah satunya terkait energi nuklir. Dia rajin membaca artikel di Royal Society of Chemistry, sebuah organisasi profesional perhimpunan cendekiawan di Britania Raya yang bertujuan untuk memajukan Ilmu Kimia.

Alfaza mengaku tak banyak persiapan yang dilakukannya untuk UTBK. Dia hanya belajar seperti biasa bersama kawan-kawannya yang tinggal di asrama. Namun, dia sempat mengambil les tambahan di bimbingan belajar selama beberapa bulan sebelum UTBK digelar pada Mei lalu. “Sehari sebelum ujian aku nginep di rumah teman dan belajar bersama-sama,” ujarnya.

Kehabisan Waktu Mengisi Soal

Saat mengerjakan soal UTBK, Alfaza mengatakan ada pelajaran yang dia merasa sulit sampai kehabisan waktu untuk menjawab yaitu matematika dan bahasa Inggris. Di dua mata pelajaran itu dia mendapat poin 466.76 dan 595.33.

Kedua mata pelajaran itu termasuk dua mata pelajaran dengan poin terendah yang dia peroleh. “Ketika mau menjawab, waktunya sudah habis.

Susah sih enggak tapi panjang gitu soalnya, jadi kayak nge-blank gitu,” ujarnya. Adapun nilai kedua tertinggi setelah Kimia adalah di tes kemampuan skolastik di kemampuan penalaran umum dengan skor 723.09.

Bercita-cita Jadi Ilmuwan

Berasal dari anak petani di Pasaman, Sumatera Barat tak membuat Alfaza berkecil hati. Ayahnya hanya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sedangkan ibunya tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sekalipun tak berasal dari keluarga yang memiliki privilege, Alfaza memiliki cita-cita untuk menjadi ilmuwan. Dia bahkan sudah memikirkan akan mengambil magister di luar negeri. Dia berharap bisa memberikan kontribusi bagi Indonesia ke depannya.

Saat ini, dia sedang mempersiapkan diri untuk merantau ke Bandung. Pada pertengahan Agustus mendatang, Alfaza akan memulai kuliahnya di ITB. “Jangan takut untuk kejar mimpi walau kita semua memiliki banyak keterbatas, terus berusaha dan berdoa,” ujarnya.

Kerap Dapat Nilai Sempurna

Perolehan nilai sempurna 1.000 di UTBK oleh siswa MAN Insan Cendekia Padang Pariaman bukan kali ini saja. Pada 2021, siswa MAN Insan Cendekia Padang Pariaman berhasil memperoleh nilai 1.000 di mata pelajaran Kimia dan Matematika.

Kepala MAN Insan Cendekia Padang Pariaman Hendrisakti Hoktovianus mengucapkan selamat kepada semua siswanya yang diterima di perguruan tinggi negeri.

Dia mengatakan pada UTBK SBMPTN 2022, sebanyak 45 siswanya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit seperti di ITB, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Brawijaya.

“Pada tahun ini 6 orang siswa MAN Insan Cendekia Padang Pariaman diterima di jurusan Kedokteran dan 12 orang di terima di jurusan Teknik. Kami bersyukur kepada Allah atas capaian prestasi ini,” ungkapnya.(Sumber)