Nasir Djamil Prediksi Cornelis Dari PDIP Berpeluang Besar Jadi Menteri PAN RB

Pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri PAN-RB disebut-sebut bakal tetap diisi kader PDI Perjuangan (PDIP). Beberapa nama yang disiapkan PDIP untuk menggantikan Tjahjo Kumolo antara lain Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hingga Wakil Ketua MPR Fraksi PDIP Ahmad Basarah.

Namun, pendapat lain diutarakan anggota Komisi III DPR Fraksi PKS Nasir Djamil. Ia memprediksi justru anggota Komisi II DPR Fraksi PDIP Cornelis yang bakal ditunjuk Jokowi sebagai Menteri PAN-RB. Cornelis merupakan mantan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar).

“Mungkin itu jatahnya PDIP, tentu kader PDIP yang akan menggantikannya. Bisa jadi nanti mantan gubernur Kalbar yang saat ini di Komisi II yang berpeluang menggantikannya,” kata Nasir kepada kumparan, Rabu (6/7).

Nasir mengatakan, Cornelis dinilai mampu menggantikan Tjahjo sebagai Menteri PAN-RB karena memiliki pengalaman di bidang birokrasi yang mumpuni. Cornelis juga dinilai dekat dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi.

“Beliau memulai karier dari bawah sebagai ASN dan sudah banyak makan asam garam di dunia birokrasi. Menjabat gubernur dua periode dan saat ini duduk di Komisi II DPR RI yang membidangi birokrasi,” ungkapnya.

“Beliau dihormati oleh Bu Mega dan juga dikenal dekat dengan Pak Jokowi,” tutup Nasir.(Sumber)