Kecelakaan Charles Leclerc Bantu Max Verstappen Jadi Juara F1 GP Prancis 2022

Formula One F1 - Canadian Grand Prix - Circuit Gilles Villeneuve, Montreal, Canada - June 19, 2022 Red Bull's Max Verstappen celebrates with a trophy on the podium after winning the race REUTERS/Chris Helgren

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, keluar sebagai pemenang balapan F1 GP Prancis 2022. Salah satu kunci sukses Verstappen adalah kecelakaan rivalnya, Charles Leclerc (Scuderia Ferrari).

Dalam balapan di Sirkuit Paul Ricard, Minggu 24 Juli 2022, malam WIB, Verstappen memulainya dari posisi kedua. Mobil Red Bull miliknya mampu melaju kencang, tetapi kesulitan untuk menyalip Leclerc.

Namun, insiden besar terjadi pada putaran ke-18. Leclerc membuat kesalahan sehingga mobil Ferrari-nya melintir dan menghantam dinding pembatas.

Berkat kejadian itu, Verstappen terus melaju hingga merebut kemenangan. Kendati demikian, itu tidak menandakan kemenangan pembalap berpaspor Belanda tersebut diraih dengan mudah.

Sebab, insiden Leclerc terjadi tiga putaran setelah Verstappen mengganti ban.

Sementara itu, Red Bull enggan untuk kembali melakukan pit stop untuk kedua kalinya. Begitu mengetahui Leclerc mengalami insiden, tugas Verstappen adalah menjaga usia ban hingga menyentuh garis finis.

Pasalnya, dia harus menggunakan ban yang sama sejak putaran ke-15 hingga finis di lap ke-52.

Opsi melakukan pit-stop kedua tidak menjadi pertimbangan. Karena dengan pit lane yang begitu panjang, waktu akan terbuang cukup banyak sehingga lebih efisien jika menjaga ban hingga akhir.

Sejak insiden itu, saya berkonsentrasi menjalani balapan dan menjaga kondisi ban. Pit lane di lintasan ini sangat panjang dan membuat kami tak menjalani pit-stop tambahan,” kata Verstappen, dikutip dari laman resmi Red Bull, Senin (25/7/2022).

Kemenangan ini membuat Verstappen makin kukuh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 233 poin. Leclerc, yang ada di posisi kedua, tertinggal 63 angka dari Verstappen.(Sumber)