Film Sayap-Sayap Patah Dituding Plagiat Film Bollywood ‘Broken Wings’

Media sosial dihebohkan dengan kabar yang menyebut bahwa film Sayap-Sayap Patah dituding hasil plagiasi dari film “Broken Wings” produksi Bollywood India. Seperti diketahui, film yang disutradarai oleh Denny Siregar itu sendiri telah tayang di bioskop mulai 18 Agustus 2022.

Film tersebut menceritakan tentang sepasang suami istri yang tengah berbahagia lantaran sedang menunggu anak pertama mereka. Tetapi, saat sang istri yang diperankan Ariel Tatum tengah berusaha untuk melahirkan anak pertama mereka, sang suami yang diperankan Nicholas Saputra memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Sang suami adalah anggota Densus 88 dan saat itu penjara yang berisi teroris dibobol, sehingga harus menyelesaikan tugas tersebut. Selain Ariel Tatum dan Nicholas Saputra, film ini juga dibintangi sederet artis ternama lainnya seperti Poppy Sovia, Dewi Irawan, Iwa K, Ariyo Wahab, Gibran Marten, Nugie Nugroho, Khiva Ishkak, Edward Akbar, Revaldo, dan Aden Baja.

Terkait dengan kabar bahwa film “Sayap Sayap Patah” merupakan plagiasi itu diketahui disampaikan oleh akun Facebook ilmuwan Institut Pertanian Bogor (IPB) Desi Suyamto. Dalam pernyataannya, Desi menyebut film “Sayap Sayap Patah” adalah hasil copy paste dan terjemahan dari film India yang dikatakan rilis lebih dulu.

“Ya ampun! Ternyata, judulnya cuma copy paste & Google translate dari film India yang sudah rilis lebih dulu, dengan plot cerita yang kurang lebih sama (kisah cinta di saat terjadi insiden) hanya diganti event, cast, sama settingnya.. Seluruh Indonesia malu..,” tulis Desi Suyamto di akunnya, dilihat Senin (22/8/2022).