News  

Dikabarkan Menderita Kanker Darah, Tagar #CepatSembuhBuAni Menjadi Trending Topic

Kabar mengejutkan datang dari Ani Yudhoyono, Istri Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhyono, mendedrita kanker darah. Diketahui, Ani Yudhoyono tengah terbaring sakit di rumah sakit Nation University, Singapura, sejak 2 Februari 2019.

Dalam sebuah video, SBY menuturkan sakit yang sedang diderita sang istri. “Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah,”

Berita mengenai sakit yang diderita Ani Yudhoyono ini cepat tersebar dan langsung mendapat reaksi netizen Indonesia yang mendoakan agar Ibu Ani cepat sembuh, hingga tagar Cepat Sembuh Bu Ani menjadi Trending Topic Twitter Indonesia.

Awalnya, keluarga mengira Ani Yudhoyono hanya kelelahan. Putra sulung Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menceritakan awal mula kondisi ibunya menurun. Pada Januari 2019, Ani masih mendampingi suaminya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ke Aceh.

“Nah dari situlah baru kembali dari Aceh. Kami kira hanya sakit karena kelelahan, atau kurang istirahat tapi ternyata lebih buruk dari itu,” kata AHY dikutip dari detikcom.

Ani Yudhoyono awalnya menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto. Hasilnya, ada indikasi yang tidak baik pada sel darahnya. Atas rekomendasi tim dokter, Ani Yudhoyono kemudian dibawa ke Singapura dan menjalani pemeriksaan di National University Hospital, Singapura pada 2 Februari 2019.

“Dari beberapa pemeriksaan dan exam lanjutan, maka beberapa hari lalu kami menerima hasil bahwa memang Ibu Ani mengidap kanker darah dan cukup agresif sehingga perlu penanganan segera,” ucapnya.

Pihak istana juga telah memberangkatkan Tim Dokter Kepresidenan untuk membantu proses penyembuhan mantan ibu negara itu. “Sudah (berangkat), Kepala RSPAD. Kemarin diskusi dengan saya, sudah berangkat,” kata Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, dikutip dari BBC Indonesia.

Tim dokter kepresidenan itu dipimpin Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Mayjen TNI dr Terawan Agus Putranto.

Presiden Joko Widodo sendiri telah berkomunikasi dengan SBY untuk mengetahui kondisi kesehatan sang istri. “Empat atau lima hari lalu saya sudah telepon beliau, Pak Jusuf Kalla juga telepon beliau untuk mengabarkan mengenai Ibu Ani,” kata Jokowi di Istana Negara.

Menurut Jokowi, ia masih mencari waktu untuk bisa menjenguk Ani yang dirawat di rumah sakit National University Hospital, Singapura. “Mengatur waktu,” ucapnya.

Sementara itu, Prabowo Subianto dikabarkan menjenguk Ani Yudhoyono petang tadi. Prabowo tiba di National University Hospital Singapura sekitar pukul 18.30 waktu setempat. Prabowo terbang ke Singapura didampingi Jenderal (Purn) Glen Kahuripan yang merupakan teman seangkatan SBY saat masih bertugas di TNI.

“Pak Prabowo disambut langsung Pak Hatta Rajasa, dan langsung naik ke atas. Disambut Pak SBY dan mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono). Keluarga lengkap,” ujar juru bicara BPN, Jansen Sitindaon dikutip dari merdeka.com.