Inilah 10 Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode September 2022 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Nama Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menjadi tokoh perempuan Partai Golkar paling populer berdasarkan hasil riset Golkarpedia.com untuk periode bulan September 2022. Nama Ratu Tatu Chasanah sudah beberapa kali menjadi yang terpopuler untuk kategori perempuan Partai Golkar. Hal ini tentu menjadi hal yang membanggakan untuknya, menilik bahwa dalam dunia politik, peran perempuan seringkali terpinggirkan.

Dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan September 2022 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini.

Di urutan pertama, Golkarpedia.com menemukan nama Ratu Tatu Chasanah, politisi perempuan Partai Golkar sekaligus Bupati Serang. Namanya mungkin tidak asing lagi di telinga warga Serang dan Banten pada umumnya. Sebab ia adalah adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Popularitas Ratu Tatu Chasanah berdasar tools yang kami gunakan mendapat predikat terpopuler dengan mengumpulkan 565 pemberitaan selama bulan September 2022 dengan jangkauan mencapai 4,6 juta jangkauan dari pemberitaan yang dimilikinya.

Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Ratu Tatu Chasanah adalah terkait sinergi Kabupaten Serang dengan KPK guna meningkatkan pelayanan, imbauan Bupati Serang terkait nasib BLUD Tenaga Kesehatan, koordinasi Forkopimda Kabupaten Serang dengan Bupati Serang untuk tangani masalah masyarakat, dan pemberitaan lainnya.

Di urutan kedua ada nama Meutya Hafid yang juga merupakan Ketua Komisi I DPR RI. Meutya Hafid memiliki pemberitaan sebanyak, 482 pemberitaan dengan jangkauan berita sebesar 6,9 juta jangkauan.

Pemberitaan seputar Meutya Hafid adalah mengenai tanggapan Meutya Hafid terkait ancaman dan peretasan yang menyasar jurnalis dari Narasi News Room, tanggapan Meutya Hafid mengenai usulan Panglima TNI Andika Perkasa tentang tinggi badan calon prajurit TNI, sosok Asmujiono yang sempat disinggung Menhan Prabowo Subianto di rapat Komisi I DPR RI dan pemberitaan lainnya.

Sementara di urutan ketiga, masih diisi oleh anggota Komisi I DPR RI lainnya yang merupakan mantan pesohor negeri, Nurul Arifin. Ia mendapatkan posisi ketiga dengan 430 pemberitaan selama periode bulan September 2022 dan jangkauan berita sebesar 5,7 juta reach.

Pemberitaan terkait Nurul Arifin diantaranya adalah, apresiasi yang diutarakan olehnya kepada BIN DIY dalam suksesi G-20, pernyataannya terkait dengan hacker yang sempat fenomenal membocorkan data pemerintah Bjorka, pendapat Nurul Arifin mengenai penentu kemenangan dalam kontestasi Pemilu dan pemberitaan lainnya.

Di tempat keempat ada nama Indah Putri Indriani, Bupati Luwu Utara. Indah Putri Indriani yang di bulan sebelumnya berada di posisi 1 harus melorot tiga tingkat ke posisi keempat. Bulan September 2022 dia memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 372 berita dengan jangkauan berita sebesar 2,5 juta reach.

Di bawah Indah Putri Indriani, ada nama Ketua Umum KPPG, Airin Rachmi Diany yang pada bulan September 2022 ini ia memiliki pemberitaan sebanyak 247 berita dengan reach mencapai 1,6 juta jangkauan.

Lalu di bawah Airin Rachmi Diany, ada nama Bupati Pekalongan, yang juga merupakan politisi Partai Golkar, Fadia Arafiq. Fadia Arafiq pada September 2022 memiliki berita sebanyak 183 pemberitaan dan reach mencapai 1,6 juta jangkauan.

Sementara, di posisi ke 7 ada nama anggota DPR RI, Puteri Komarudin. Srikandi Partai Golkar yang duduk di Komisi XI DPR RI ini mengoleksi 166 pemberitaan pada medio bulan September 2022 dengan reach sebesar 2,8 juta jangkauan

Posisi delapan ada nama anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar lainnya, ia duduk di Komisi I DPR RI, Christina Aryani. Ia menjadi politisi perempuan Partai Golkar terpopuler urutan delapan setelah mengoleksi 162 pemberitaan dan reach sebesar 2 juta jangkauan.

Posisi sembilan diisi oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian dengan 154 pemberitaan sepanjang bulan September 2022. Sementara di posisi terakhir, ada nama anggota DPR RI lainnya, Cen Sui Lan dengan 143 pemberitaan sepanjang bulan September 2022. Pada September 2022, Cen Sui Lan memiliki jumlah reach dari pemberitaan yang dihasilkannya sebesar 140 ribu jangkauan.

Data ini bisa berubah seiring perjalanan waktu. Lalu, terkait dengan metode pengumpulan data, kami menggunakan tools monitoring media yang mengumpulkan data pemberitaan bulan September 2022. Selain itu, sepuluh besar ini juga merupakan hasil tracing serta eliminasi nama tokoh lain yang tidak masuk karena alasan jumlah pemberitaan lebih sedikit daripada yang berada di ranking 10 besar.

Dengan terangkumnya sepuluh besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan September 2022, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak. {golkarpedia}