Sosialisasi Germas, Dewi Asmara Ajak Masyarakat Sukabumi Hidup Sehat

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, Dewi Asmara menyelenggarakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di GOR Desa Bang Bayang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi pada Minggu (6/11/2022).

Sosialisasi Germas yang dilakukan oleh Dewi Asmara turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, dr. Rika Mutiara Suganda, perwakilan Dinas Kesehatan provinsi Jawa Barat, Forkopimcam Cicurug serta masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Dewi Asmara mengatakan bahwa saat ini sejumlah negara berkembang termasuk indonesia mengalami perubahan pola penyakit dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular.

“Perubahan pola ini disebabkan karena berubahnya perilaku manusia. Jika kita ingat, pada era tahun 1990an penyebab kematian terbesar adalah penyakit menular. Namun sejak 2010 penyebab terbesar kematian adalah penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, dan diabetes,” papar anggota Komisi IX DPR RI tersebut.

Risiko penyebab maraknya PTM menjadi penyebab kematian terbesar tidak lain karena berubahnya gaya hidup masyarakat seperti kurang olahraga, pola makan tidak sehat, minum minuman beralkohol, dan penyakit gula/diabetes.

“Selain masalah tersebut saat ini indonesia mengalami persoalan gizi serius serta cakupan dan mutu imunisasi yang belum maksimal hal ini ditunjukkan dengan tingginya prevalensi stunting (gagal tumbuh) pada balita,” lanjut Dewi Asmara.

Stunting pada balita, ditandai dengan terjadinya gangguan pertumbuhan fisik, otak, kecerdasan, dan metabolisme tumbuh. Oleh karenanya Dewi Asmara mengatakan, untuk memerangi stunting, dibutuhkan penanganan serius dengan melibatkan berbagai pihak lintas sektor.

Oleh karenanya, Dewi Asmara mengajak seluruh lapisan masyarakat melaksanakan Germas untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Meski PTM merupakan penyakit yang berisiko tinggi sebabkan kematian, bukan berarti tidak dapat dicegah. Oleh karena itu, kita perlu mencegah keberadaan penyakit itu. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur, makan makanan bergizi, perbanyak konsumsi sayuran, buah dan asupan gizi lainnya yang diperlukan oleh tubuh,” ujarnya.

Dalam acara tersebut masyarakat turut diperkenalkan berbagai program Germas. Selain itu, sebagai bagian dari komitmen bersama, masyarakat dengan komponen pemerintah juga melakukan penandatangan kesepahaman dalam mendukung gerakan masyarakat hidup sehat. {politiknesia}