Ini 8 Fakta Kemenangan Dramatis MU di Kandang PSG

Manchester United mematahkan prediksi untuk lolos ke perempatfinal Liga Champions. Menyusul kemenangan dramatis di markas Paris St. Germain dengan skor 3-1.

MU bertandang ke Parc des Princes untuk melakoni leg kedua babak 16 besar, Kamis (7/3/2019) dinihari WIB. Sebelum laga, MU dalam posisi kurang diunggulkan karena kekalahan 0-2 dari PSG di Old Trafford.

Namun, Setan Merah memulai pertandingan dengan oke usai Romelu Lukaku mencetak gol cepat di menit kedua. Meski PSG bisa menyamakan lewat Juan Berat 10 menit berselang, MU kembali unggul lagi berkat Lukaku untuk menandai babak pertama dengan kedudukan 2-1.

Gol penalti Marcus Rashford di masa injury time memukul PSG sekaligus memastikan kelolosan MU dengan agregat 3-3 karena agresivitas gol tandang. Dengan hasil ini MU menjadi tim pertama dalam sejarah yang berhasil lolos setelah kalah 0-2 di leg pertama di kandang sendiri.

Adapun delapan fakta menarik yang mengiringi kemenangan dramatis MU atas PSG, yang dirangkum statistik Opta.

1. PSG kemasukan tiga dari empat tembakan mengarah ke gawang yang mereka hadapi di pertandingan ini dan tersingkir di babak 16 besar di setiap dari tiga musim terakhir Liga Champions.

2, Gol pertama Romelu Lukaku setelah 111 detik merupakan gol tercepat MU di sebuah pertandingan fase gugur Liga Champions sejak Wayne Rooney mencetak gol setelah 63 detik melawan Bayern Munich pada Maret 2010.

3. Sejak awal musim, hanya ada segelintir pemain Liga Inggris yang mencetak lebih banyak gol daripada Lukaku (42), yaitu Mohamed Salah (64), Harry Kane (64), dan Sergio Aguero (55).

4. Penalti kemenangan Rashford adalah penalti yang pertama dia ambil di sebuah pertandingan kompetitif untuk MU.

5. PSG telah menderita tujuh kekalahan dalam 12 pertandingan fase gugur terakhir Liga Champions setelah memenangi empat dan seri sekali, termasuk dua laga terakhir di Parc des Princes.

6. Sejak laga pertama di bawah Ole Gunnar Solskjaer pada 22 Desember, hanya Manchester City (15), yang memenangi pertandingan lebih banyak di seluruh kompetisi daripada MU (14), di antara tim-tim di lima liga top Eropa.

7. MU kini sudah mencetak gol di 21 pertandingan tandang di seluruh kompetisi, menyamai rekor klub yang dicetak di antara November 1956 dan September 1957 di bawah Matt Busby.

8. Mason Greenwood menjadi pemain termuda yang bermain untuk MU di Liga Champions dalam usia 17 tahun dan 156 hari, mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang Gerard Pique (17 tahun 310 hari).

[detik]