Ini Target Sebastian Vettel di Balapan Terakhir di F1 GP Abu Dhabi 2022

Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel, akan menghadapi balapan terakhirnya sebelum pensiun di F1. Dia pun membeberkan targetnya di F1 GP Abu Dhabi 2022.

Dalam balapan yang akan digelar pada 20 November 2022 itu, Vettel pun berhasrat memberi yang terbaik. Namun, dia tetap realistis.

Ya, pembalap yang sudah menikmati 122 kali naik podium itu bakal pensiun di penghujung musim 2022. Dia meninggalkan segudang prestasi dalam olahraga yang ditekuninya sejak 2007 ini.

Balapan di Sirkuit Yas Marina nanti merupakan start ke-299 Vettel di F1. Tapi sayangnya, dia menutup karienrya dalam kondisi prestasi yang sudah menurun.

Sejak pindah dari Scuderia Ferrari ke Aston Martin pada 2021, Vettel belum meraih kemenangan sekalipun. Namanya seakan meredup di tengah persaingan sengit Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes).

Layaknya atlet pada umumnya, dia ingin menjadikan penampilan terakhirnya berkesan dan diingat dalam sejarah.

Tapi bagi Vettel, dia sudah menerima apa adanya bahkan bila tak ada sorotan sedikit pun kepadanya.

“Tentu saja, akan menyenangkan memenangkan balapan terakhir saya, tetapi realistis, itu akan sangat sulit,” kata Vettel dikutip laman The-Race, Kamis (17/11/2022).

Dari luar, Anda pikir akan jauh lebih baik untuk tampil di tempat yang tinggi dan sangat penting untuk memenangkan balapan terakhir, atau untuk memenangkan kejuaraan lain, atau memenangkan kejuaraan dan kemudian pensiun,” lanjutnya.

“Tapi satu-satunya orang yang benar-benar penting adalah diri saya sendiri. Jadi tentu saja, Anda dapat mengatakan bahwa ini adalah cerita yang bagus dan ini cara yang lebih baik untuk pergi, tetapi siapa yang harus menghadapi kepergian itu? Bukan Anda atau pendapat umum. Hanya saya,” lanjutnya.

“Begitulah cara saya melihatnya. Jadi saya berdamai dengan itu. Saya tahu bahwa balapan terakhir saya mungkin tidak akan menjadi sorotan dari semua berapa banyak balapan yang telah saya lakukan. Itu tidak terlalu penting,” jelasnya.

Vettel bisa dikatakan sudah melakukan segalanya di F1 bersama hampir semua pabrikan. Dia telah memiliki empat gelar juara dunia, 53 kemenangan dan 57 pole position.(Sumber)