Musa Rajekshah Jadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Desember 2022 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Nama Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sumut berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode Desember 2022. Ini kali pertama bagi pria yang akrab disapa Ijeck tersebut menempati urutan pertama dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Musa Rajekshah di tengah polemik hubungannya dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan keinginan untuk menjadikan Partai Golkar sebagai juara pada Pemilu 2024 di Provinsi Sumut.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Musa Rajekshah, ia memiliki total 1.109 pemberitaan pada berbagai media online selama periode bulan Desember 2022. Reach atau yang dijangkau dari pemberitaan yang dimiliki Musa Rajekshah adalah sebesar 5,6 juta jangkauan.

Berita mengenai Musa Rajekshah didominasi oleh kegiatan akhir tahun Ijeck yang tidak melakukan pesta pergantian tahun tapi justru mengadakan healing di masjid sebagai bagian dari muhasabah diri. Lalu berita mengenai Ijeck yang kembali memimpin club motor Harley Davidson di Sumut.

Ada juga sambutan meriah kader Partai Golkar saat Rapimda dengan meneriakkan pekik ‘Ijeck Gubernur’. Lalu pemberitaan mengenai saling sindir secara terbuka antara Musa Rajekshah dan Edy Rahmayadi di media juga menjadi sorotan yang menarik. Dan ada pula pemberitaan mengenai kegiatan Gebyar Danau Toba 2022 yang dihadiri oleh Ijeck.

Selanjutnya Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia.com adalah Syamsuar, Gubernur Riau yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Riau. Untuk periode pemberitaan Desember 2022, Syamsuar memiliki pemberitaan sebanyak 1.016 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Syamsuar adalah sebesar 4,8 juta jangkauan.

Pemberitaan Syamsuar lebih banyak tersorot atas kinerja dan pernyataannya sebagai kepala daerah. Beberapa pemberitaan di antaranya adalah, penanganan cepat Gubernur Syamsuar atas laporan kerusakan jalan lintas di Indragiri Hulu, Riau.

Lalu pemberitaan mengenai dukungan Syamsuar untuk Bupati Meranti M. Adil yang protes ketidakadilan di daerahnya, padahal sebelumnya Syamsuar sempat bersitegang dengan M. Adil. Ada pula pemberitaan mengenai ajakan Syamsuar untuk perangi LGBT di Riau. Dan tanggapan Syamsuar terkait tingginya angka penularan HIV/AIDS di Riau.

Selanjutnya, di posisi ketiga ada nama Gubernur Lampung yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Lampung, Arinal Djunaidi. Untuk periode bulan Desember ini, Arinal Djunaidi memiliki 790 pemberitaan. Reach yang dicapai oleh Arinal Djunaidi mencapai 2,8 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Arinal Djunaidi salah satunya terkait dengan keputusan Gubernur Lampung terhadap daftar UMP, UMK, dan UMR Kabupaten/Kota. Selanjutnya ada pemberitaan tentang, Kunjungan Arinal Djunaidi ke Lampung Timur dalam rangka penguatan kerjasama kabupaten dan provinsi dalam perbaikan jalan. Dan berita mengenai visi ekonomi kerakyatan 2023 yang diusung oleh Arinal Djunaidi juga jadi perhatian.

Posisi keempat diisi oleh nama Gubernur Kalimantan Selatan yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel, Sahbirin Noor. Untuk periode Desember 2022, pria yang akrab disapa Paman Birin itu memiliki pemberitaan sebanyak 412 berita. Jangkauan yang ditimbulkan dari pemberitaan mengenai Sahbirin Noor adalah sebesar 2,3 juta reach.

Di urutan kelima ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe. Pria yang juga menjabat sebagai Walikota Parepare ini memiliki berita sebanyak 306 pemberitaan dengan pencapaian reach sebesar 1,2 juta jangkauan.

Posisi keenam diisi oleh nama Bupati Tangerang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar. Untuk periode Desember 2022 ini, Ahmed Zaki Iskandar memiliki 276 pemberitaan, baik yang tersebar di media online lokal maupun nasional. Reach yang dimunculkan dari berita mengenai Ahmed Zaki Iskandar adalah sebesar 917.352 jangkauan.

Rohidin Mersyah, Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu kembali masuk ke dalam daftar dengan menempati posisi ketujuh. Gubernur Bengkulu ini memiliki pemberitaan sebanyak 254 berita. Capaian reach dari berita mengenai Rohidin Mersyah adalah sebesar 829.305 jangkauan.

Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur, Sarmuji menempati posisi delapan untuk kategori pemberitaan terbanyak yang menjadikannya salah satu Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler di Indonesia. Sarmuji memiliki 242 berita dan capaian reach atau jangkauan sebanyak 1,7 juta reach.

Posisi sembilan diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Perempuan yang juga menjabat sebagai Bupati Serang ini memiliki pemberitaan sebanyak 230 berita dan capaian reach sebesar 902.764 jangkauan.

Di posisi terakhir, atau urutan kesepuluh ada nama Ace Hasan Syadzily, Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini untuk periode Desember 2022 memiliki 201 pemberitaan dengan capaian reach sebesar 1,6 juta jangkauan.

Demikian 10 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Desember 2022. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 10 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya, hanya saja posisi tiga besar tampaknya belum ada perubahan yang signifikan.

Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Berikut merupakan daftar lengkapnya:

1. Musa Rajekshah
Ketua DPD I Partai Golkar Sumut
1109 pemberitaan
Reach: 5,6 juta jangkauan

2. Syamsuar
Ketua DPD I Partai Golkar Riau
1016 pemberitaan
Reach: 4,8 juta jangkauan

3. Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
790 pemberitaan
Reach: 2,8 juta jangkauan

4. Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel
412 pemberitaan
Reach: 2,3 juta jangkauan

5. Taufan Pawe
Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel
306 pemberitaan
Reach: 1,2 juta jangkauan

6. Ahmed Zaki Iskandar
Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta
276 pemberitaan
Reach: 917.352 jangkauan

7. Rohidin Mersyah
Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu
254 pemberitaan
Reach: 829.305 jangkauan

8. Sarmuji
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI
242 pemberitaan
Reach: 1,7 juta jangkauan

9. Ratu Tatu Chasanah
Bupati Serang
230 pemberitaan
Reach: 902.764 jangkauan

10. Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
201 pemberitaan
Reach: 1,6 juta jangkauan {golkarpedia}