News  

Ditolak RSUD Subang Karena Tak Ada Rujukan, Bumil dan Bayinya Meninggal Dunia

eorang ibu yang hendak melahirkan meninggal dunia usai ditolak oleh Rumah Sakit Umum Derah (RSUD) Kabupaten Subang, jawa Barat. Ironisnya, pihak rumah sakit menolak pasien hanya karena alasan belum menerima rujukan dari Puskesmas.

Kurnaesih (39) warga Kampung Citombe, Desa Buniara, Kecamatan Tanjungsiang, Subang ini meninggal dunia bersama anak yang masih di dalam kandungannya. Korban meninggal ketika hendak melahirkan dengan kondisi kritis tetapi ditolak oleh Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Subang pada Kamis (16/2/2023) lalu.

Kasus tersebut bermula ketika korban memeriksakan diri bersama suaminya ke bidan desa. Hasil pemeriksaan kondisi bayi dan ibu dalam kondisi sehat. Namun setelah 1 jam pemeriksaan, korban tiba-tiba muntah dan kejang-kejang.

Korban langsung dibawa ke Puskesmas Tanjungsiang, dan dirujuk dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Subang karena kondisinya semakin kritis.

Menurut suami korban, Juju Junaedi (45), mengatakan kepada Beritasatu.com, Minggu (5/3/2023), istrinya sempat diterima oleh IGD Rumah Sakit Umum Derah Subang, namun ketika akan masuk ruang untuk mendapatkan tindakan, malah ditolak dengan alasan pihak Rumah Sakit Umum Derah (RSUD) belum menerima rujukan dari Puskesmas.

Melihat kondisi korban yang kritis, akhirnya keluarga membawanya ke Rumah Sakit di Bandung karena di RSUD Subang tidak mendapatkan tindakan, namun korban akhirnya meninggal dunia dalam perjalanan.

Suami korban berharap agar kasus yang menimpa istrinya merupakan yang terakhir kalinya. Pasalnya pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Subang memang dikenal buruk. Sementara pihak Rumah Sakit Umum Daeah (RSUD) Subang hingga kini belum memberikan respons ketika dimintai keterangan oleh sejumlah wartawan.(Sumber)