Soal Duet Dengan Prabowo di Pilpres 2024, Airlangga Hartarto: Pembahasan Sudah Mendalam

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membuka peluang untuk berduet dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. Airlangga mengatakan wacana duet itu sedang dibahas dalam-dalam.

“Pembahasannya sudah sangat dalam,” kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa (21/3/2023). Airlangga merespons pertanyaan soal wacana duet dengan Prabowo di Pilpres 2024 nanti.

Kendati demikian, Airlangga enggan berbicara detail terkait itu. Dia menyebut nanti pada saatnya Partai Golkar akan mengumumkan terkait Pilpres 2024.

“Tunggu tanggal mainnya,” ujarnya.

Survei Terkini soal Capres
Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis hasil survei elektabilitas tokoh potensial calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berada di urutan teratas, sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan eks Gubernur DKI Anies Baswedan menyusul.
Advertisement

Survei ini dilakukan pada periode 1-10 Maret 2023. Survei digelar dengan melibatkan 1.230 responden.

LSP melibatkan responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan diwawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Survei ini diklaim memiliki tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error kurang lebih 2,8%.

Direktur Eksekutif LSP Indra Nuryadin memaparkan Prabowo semakin meningkat elektabilitasnya yakni 33,4%. Sementara, lanjut dia, elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 21,2% dan Anies secara konsisten berada di posisi ketiga dengan persentase 20,4%.

Indra mengatakan ada sejumlah faktor yang mengerek elektabilitas Prabowo. Dia menyebutkan, kinerja Prabowo sebagai menteri pertahanan menjadi salah satu faktornya.

“Pertama, kinerja Prabowo yang masih moncer di bidang pertahanan. Tak dipungkiri Jokowi pun sering tampil memberi penghargaan kepada Prabowo dengan hadir pada beberapa acara Kemhan,” kata Indra.

Indra melanjutkan, endorsement Jokowi terhadap Prabowo juga menjadi faktor kuat. Menurutnya, Prabowo kerap mendampingi Jokowi.(Sumber)