News  

Jokowi Larang Bukber Ramadhan, Rocky Gerung: Mau Ngetes Reaksi Umat Islam?

Pakar politik sekaligus akademisi Rocky Gerung mengeluarkan pernyataan yang cukup menohok kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi dalam video yang diunggah ke kanal YouTube pribadinya, Rocky Gerung, disadur pada Sabtu (25/3/2023).

Presiden Jokowi sendiri sedang jadi bahan perbincangan setelah mengeluarkan aturan yang melarang untuk melakukan kegiatan buka bersama (bukber). Disebutkan alasannya adalah karena masih dalam masa transisi pandemi Covid-19 menuju endemi.

“Kita balik lagi pada ketidakmampuan kekuasaan ini untuk memberi argumentasi karena dia (Jokowi) boleh bikin larangan apapun tapi dengan argumen yang masuk akal. Jadi orang bikin perbandingan yang masuk akal soal larangan buka puasa,” tutur Rocky Gerung.

 

Perlu diketahui kalau masyarakat sempat protes keras karena larangan bukber ini. Namun, ini akhirnya dikoreksi Jokowi, yang menjelaskan kalau hanya ASN dan pemerintah yang dilarang mengadakan bukber agar tidak menunjukkan harta kekayaan.

“Kebijakannya kemudian dikoreksi hanya buat pejabat. Ini buat ngetes reaksi umat Islam? Buat ngetes bahwa dukungan kebijakan Jokowi masih ada? Semuanya itu berantakan pada akhirnya ,” lanjut Rocky Gerung.

Rocky Gerung berpendapat kalau ini merupakan pertanda kalau apa yang dikatakan oleh istana itu mulai diabaikan oleh warganet dan banyak lapisan masyarakat.

“Kita lihat ini adalah semacam tanda-tanda di mana semua hal yang dianggap berasal dari istana itu diabaikan oleh netizen. Dan kali ini saya kira Sebenarnya bukan hanya netizen saja, melainkan publik secara luas ya,” pungkasnya.(Sumber)