News  

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Buka Puasa Bersama, Bisa Merusak Suasana!

Bukber atau buka bersama menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh sekelompok orang saat bulan puasa tiba. Bukber biasanya dilakukan oleh keluarga, teman dekat, ataupun teman kerja di kantor. Biasanya bukber menjadi salah satu ajang perekat tali silaturahmi satu sama lain.

Dikarenakan tujuan utama dari bukber ini adalah sebagai perekat tali silaturahmi, maka jangan sampai kamu mengacaukannya dengan melakukan beberapa hal yang justru dapat membuat keretakan hubungan antara dirimu dan orang lain.

Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat melakukan bukber dengan keluarga atau temanmu agar tidak merusak suasana.

1. Memamerkan kelebihan dirimu

Hal pertama yang harus kamu hindari adalah memamerkan kelebihan yang ada di dalam dirimu atau kehidupanmu. Kamu harus dapat tetap bersikap rendah hatu di hadapat peserta bukber lainnya.

Jika kamu bersikap sombong dengan memamerkan kelebihan dirimu maka kamu dapat mengundang rasa iri dan dengki dari orang lain yang datang di bukber tersebut.

2. Membandingkan kehidupan seseorang

Saat bukber kamu juga tidak boleh membandingkan kehidupan seseorang dengan orang lainnya. Tentunya tidak ada yang suka jika kehidupannya dibanding-bandingkan dengan orang lain.

Dengan membanding-bandingkan kehidupan orang lain maka secara tidak langsung kamu telah merendahkan seseorang yang dibanding-bandingkan tersebut. Tentunya hal ini dapat merusak hubungan baikmu dengan orang tersebut.

3. Jangan menyinggung perkara fisik

Jika pada saat bukber kamu bertemu dengan teman yang sudah lama tidak ditemui, maka terkadang kamu melihat temanmu banyak mengalami perubahan, terutama dalam bentuk fisik.

Jika kamu melihat seperti itu maka jangan pernah menyinggung masalah fisik tersebut. Karena tidak semua orang dapat menerima jika orang lain membicarakan tentang fisik yang ia miliki. Oleh karena itu, kamu harus tetap menjaga perasaannya agar tetap baik.

 

4. Tidak menanyakan kehidupan pribadi seseorang

Setiap orang tentunya memiliki kehidupan pribadi yang menjadi privasi dalam kehidupannya. Oleh karena itu, kamu tidak boleh bertanya atau menyinggung seseorang terkait masalah pribadi dalam kehidupannya.

Kamu juga tidak boleh mengumbar masalah pribadi dalam kehidupanmu saat kamu sedang melakukan bukber. Karena seharusnya masalah pribadi tersebut menjadi privasi dirimu yang hanya layak diketahui oleh dirimu atau beberapa orang yang sudah kamu percaya.

5. Tidak menyinggung masalah uang atau harta orang lain

Masalah yang berkaitan tentang harta atau uang menjadi masalah yang cukup sensitif saat dibicarakan. Oleh karena itu, jangan menyinggung masalah tersebut saat sedang melakukan bukber.

Bisa jadi seseorang yang memiliki kondisi finansial yang tidak begitu baik akan merasa tersakiti jika kamu menyinggung masalah tersebut. Jika hal itu terjadi maka hubunganmu dengan orang yang tersakiti akan memburuk.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang melakukan bukber. Kamu harus tahu bahwa bukber adalah ajang untuk perekat tali silaturahmi, bukan sebaliknya.(Sumber)