10 Daftar Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Maret 2023 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Maret 2023. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI.

Bamsoet pada periode Maret 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 2.561 berita. Berita mengenai Bamsoet didominasi oleh rencana Bamsoet sebagai Ketua Umum IMI yang menghendaki Formula E 2024 tak lagi pakai sirkuit Ancol, tapi jalan raya Sudirman-Thamrin dan Jalan Medan Merdeka jadi opsi lain.

Lalu pemberitaan mengenai dukungan Bamsoet bagi RUU perlindungan pelajar di luar negeri. Selanjutnya tentang pujian Bamsoet kepada Presiden Jokowi atas pembangunan desa selama masa pemerintahannya. Reach atau jangkauan pemberitaan terkait Bamsoet adalah sebesar 12,3 juta jangkauan.

Posisi kedua ada nama Ahmad Doli Kurnia, ia menduduki jabatan sebagai Ketua Komisi II DPR RI. Komisi II DPR adalah komisi yang membidangi persoalan Dalam Negeri, Sekretariat Negara dan Pemilu. Menjelang Pemilu 2024, sepertinya sorotan terhadap Ahmad Doli Kurnia semakin kuat apalagi dengan wacana perubahan sistem Pemilu.

Untuk Maret 2023, Ahmad Doli Kurnia memiliki 891 pemberitaan dengan capaian reach sebesar 5,5 juta jangkauan. Pemberitaan tentang Ahmad Doli Kurnia di antaranya adalah pernyataan Ahmad Doli Kurnia soal kemungkinan Jusuf Kalla mengarahkan Airlangga Hartarto bergabung dengan koalisi perubahan.

Lalu pemberitaan mengenai Ahmad Doli Kurnia sebagai Ketua Komisi II DPR yang telah menuntaskan pembahasan RUU Bali hingga Sumut dan siap untuk dibawa ke Paripurna DPR. Kemudian pendapat Ahmad Doli Kurnia soal keputusan Bawaslu RI terhadap Partai Prima yang bisa ganggu Pemilu.

Di posisi ketiga, ada nama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi. Komisi IV DPR RI membidangi persoalan Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kelautan. Dedi Mulyadi memiliki pemberitaan sebanyak 664 berita. Reach yang dicapai oleh berita mengenai Dedi Mulyadi adalah sebesar 5,3 juta jangkauan.

Berita mengenai Dedi Mulyadi antara lain terkait dengan pembelaannya terhadap kerusakan kebun edelweis yang terjadi di Ranca Upas akibat event motor trail. Lalu mengenai rencana pemerintah untuk melakukan impor beras yang ditanggapi secara serius oleh Dedi Mulyadi. Ia mengatakan agar pemerintah memperhatikan nasib para petani lebih dahulu.

Urutan keempat ada nama Ace Hasan Syadzily Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dengan lingkup tugas agama, sosial dan pemberdayaan perempuan. Pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily cukup masif mengingat peran dan tugasnya di Komisi VIII DPR RI. Ace Hasan Syadzily memiliki pemberitaan sebanyak 479 pemberitaan. Jangkauan yang dicapai dari berita Ace Hasan Syadzily adalah sebesar 5,1 juta jangkauan.

Selanjutnya urutan kelima adalah anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono. Komisi I DPR RI membidangi urusan pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika serta intelijen. Dave Laksono memiliki 193 pemberitaan sepanjang Maret 2023. Reach yang dicapai oleh pemberitaan mengenai Dave Laksono adalah sebanyak 1,5 juta jangkauan.

Keenam ada nama Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI sekaligus Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar. Berita tentang Meutya Hafid berjumlah 193 pemberitaan dengan reach yang sedikit lebih rendah dari Dave Laksono, yakni sebesar 1,02 juta jangkauan.

Di nomor tujuh ada nama Puteri Komarudin, ia merupakan anggota Komisi XI DPR RI yang membawahi bidang Keuangan, Perbankan, dan Perencanaan Pembangunan Nasional. Selama Maret 2023, Puteri Komarudin memiliki jumlah pemberitaan sebesar 192 berita dengan reach mencapai 1,7 juta jangkauan.

Posisi kedelapan adalah Hetifah Sjaifudian, ia duduk di Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi urusan olahraga, pendidikan, riset dan kepariwisataan. Hetifah Sjaifudian memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 167 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 1,1 juta jangkauan.

Posisi sembilan ada nama Sarmuji Wakil Ketua Komisi VI DPR RI. Komisi VI DPR membidangi urusan perdagangan, koperasi UKM, BUMN, Investasi dan Standarisasi Nasional. Pemberitaan yang menyangkut nama Sarmuji adalah sebanyak 141 berita dengan jangkauan mencapai 992.350 jangkauan.

Posisi terakhir atau kesepuluh diisi oleh nama Cen Sui Lan, yang juga merupakan anggota Komisi V DPR RI. Komisi V DPR membidangi urusan, infrastruktur, transportasi, daerah tertinggal dan transmigrasi, serta meteorologi, klimatologi dan geofisika. Cen Sui Lan dalam tugasnya sebagai anggota Komisi V DPR RI memiliki pemberitaan sebanyak 135 berita dengan jangkauan mencapai 137.575 jangkauan.

Daftar mengenai 10 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

10 Anggota DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Maret 2023, Berikut daftar lengkapnya:

1. Bambang Soesatyo

Ketua MPR RI

2.561 Pemberitaan

Reach: 18,5 juta jangkauan

 

2. Ahmad Doli Kurnia

Ketua Komisi II DPR RI

891 Pemberitaan

Reach: 5,5 juta jangkauan

 

3. Dedi Mulyadi

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI

664 Pemberitaan

Reach: 5,3 juta jangkauan

 

4. Ace Hasan Syadzily

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI

479 Pemberitaan

Reach: 5,1 juta jangkauan

 

5. Dave Laksono

Anggota Komisi I DPR RI

193 Pemberitaan

Reach: 1,5 juta jangkauan

 

6. Meutya Hafid

Ketua Komisi I DPR RI

193 Pemberitaan

Reach: 1,02 juta jangkauan

 

7. Puteri Komarudin

Anggota Komisi XI DPR RI

192 Pemberitaan

Reach: 1,7 juta jangkauan

 

8. Hetifah Sjaifudian

Wakil Ketua Komisi X DPR RI

167 Pemberitaan

Reach: 1,1 juta jangkauan

 

9. Sarmuji

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI

141 Pemberitaan

Reach: 992.350 jangkauan

 

10. Cen Sui Lan

Anggota Komisi V DPR RI

135 Pemberitaan

Reach: 137.575 jangkauan {golkarpedia}