Ratu Tatu Chasanah Pimpin Daftar 10 Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode Maret 2023

Bupati Serang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah menjadi tokoh perempuan Partai Golkar paling populer berdasar hasil riset Golkarpedia dengan indikator banyaknya pemberitaan pada periode Maret 2023. Ini merupakan predikat kesekian kalinya bagi Ratu Tatu Chasanah untuk bisa mendapatkan predikat yang terpopuler untuk kategori politisi perempuan Partai golkar.

Mungkin bagi khalayak khususnya di Banten, nama Ratu Tatu Chasanah tak asing lagi di telinga mereka. Ia adalah kepala daerah yang cukup berprestasi. Namun bukan perkara mudah memimpin sebuah daerah dengan sekelumit permasalahannya. Apalagi sebagai perempuan, bukan hal mudah pula menghapus stigma dan keraguan publik akan kapasitasnya di dunia politik.

Maklum saja, dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan. Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 20 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Maret 2023 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini.

Nama Ratu Tatu Chasanah bercokol di urutan pertama berdasar hasil riset Golkarpedia dengan mendapatkan 327 pemberitaan di Maret 2023 dengan reach atau jangkauan mencapai 547.072. Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Ratu Tatu Chasanah diantaranya adalah mengenai kunjungan pemerintah Malaysia yang mengunjungi Kabupaten Serang untuk belajar pertanian.

Lalu pemberitaan mengenai Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang mengapresiasi Prof. Ali Zum Masyar atas uji coba kedelai varietas unggul. Lalu pemberitaan tentang profil Ratu Tatu Chasanah dan dua bupati perempuan lainnya yang bertugas di Banten. Kemudian pemberitaan tentang pertumbuhan ekonomi Kabupaten Serang yang melebihi target.

Di urutan kedua ada nama Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi I DPR RI, ia adalah Meutya Hafid. Meutya Hafid berhasil menempati urutan nomor dua setelah mendapatkan jumlah sebanyak 193 pemberitaan di bulan Maret 2023. Jangkauan pemberitaan yang dimiliki Meutya Hafid adalah sebesar 1,02 juta reach.

Pemberitaan mengenai Meutya Hafid antara lain mengenai peringatan yang dikeluarkan Meutya Hafid terkait bahayanya meninggalkan jejak digital negatif. Lalu pernyataan Meutya Hafid saat mengisi seminar digital tentang peluang wirausahawan muda dalam digital entreprenuership.

Tempat ketiga ditempati oleh anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Komarudin. Anak dari politisi senior Partai Golkar, Ade Komarudin ini pada bulan Maret 2023, memiliki pemberitaan sebanyak 192 berita dengan reach sebesar 1,7 juta jangkauan.

Pemberitaan yang mendapat sorotan paling besar dari Puteri Komarudin adalah tentang namanya yang masuk dalam tiga figur bakal calon Menpora. Nama Puteri Komarudin disebut-sebut diajukan oleh Airlangga Hartarto bersama Dito Ariotedjo dan Ilham Permana. Lalu ada pula pemberitaan mengenai kehadiran Puteri Komarudin di Forum Pemimpin Muda Asia dan memaparkan peran pemuda dalam pembangunan.

Tempat keempat ada nama Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI. Untuk bulan Maret 2023, Hetifah Sjaifudian memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 167 berita dengan cakupan reach sebesar 1,1 juta jangkauan.

Selanjutnya, nomor lima dipegang oleh anggota Ketua Umum KPPG, Airin Rachmi Diany. Mantan Walikota Tangsel ini memiliki pemberitaan sebanyak 146 berita dan besaran reach sebanyak 455.837 jangkauan.

Di posisi enam ada nama Riana Sari Arinal, Ketua IIPG Lampung. Istri dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi itu memiliki pemberitaan sebanyak 145 berita dan reach sebesar 152.541 jangkauan. Ketujuh ada nama Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. Untuk Maret 2023, ia memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 138 berita dan mendapat 201.843 jangkauan.

Di posisi delapan ada anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan. Pada Maret 2023, Cen Sui Lan mendapatkan 135 pemberitaan. Reach yang dihasilkan oleh berita mengenai Cen Sui Lan, mencapai 137.575 jangkauan.

Anggota Komisi I DPR RI, Meutya Hafid berada di urutan selanjutnya, untuk periode Maret 2023 ia memiliki pemberitaan sebanyak 124 berita dan mendapat reach sebesar 785.964 jangkauan. Di peringkat terakhir ada nama Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Istri dari legislator Partai Golkar Muhammad Fauzi ini memiliki pemberitaan sebanyak 119 berita dan reach sebesar 1,01 juta jangkauan.

Demikianlah 10 besar tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler Maret 2023. Terkait dengan metode pengumpulan data, kami menggunakan tools monitoring media yang mengumpulkan data pemberitaan bulan Maret 2023.

Selain itu, sepuluh besar ini juga merupakan hasil tracing serta eliminasi nama tokoh lain yang tidak masuk karena alasan jumlah pemberitaan lebih sedikit daripada yang berada di ranking 10 besar.

Dengan terangkumnya sepuluh besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Maret 2023, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.

Berikut daftar lengkap politisi perempuan Partai Golkar terpopuler untuk periode Maret 2023:

1. Ratu Tatu Chasanah
Bupati Serang
327 Pemberitaan
Reach: 547.072 jangkauan

2. Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
193 Pemberitaan
Reach: 1,02 juta jangkauan

3. Puteri Komarudin
Anggota Komisi XI DPR RI
192 Pemberitaan
Reach: 1,7 juta jangkauan

4. Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI
167 Pemberitaan
Reach: 1,1 juta jangkauan

5. Airin Rachmi Diany
Ketua Umum KPPG
146 Pemberitaan
Reach: 455.837 jangkauan

6. Riana Sari Arinal
Ketua IIPG Lampung
145 Pemberitaan
Reach: 152.541 jangkauan

7. Fadia Arafiq
Bupati Pekalongan
138 Pemberitaan
Reach: 201.843 jangkauan

8. Cen Sui Lan
Anggota Komisi V DPR RI
135 Pemberitaan
Reach: 137.575 jangkauan

9. Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
124 Pemberitaan
Reach: 785.964 jangkauan

10. Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara
119 Pemberitaan
Reach: 1,01 juta jangkauan {Golkarpedia}