5 Pesepakbola Mualaf di Indonesia Yang Rayakan Idul Fitri 1444 H

SEBANYAK 5 pesepakbola mualaf di Indonesia yang jalani Idul Fitri 1444 H akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah seorang pahlawan di ajang Piala AFF 2010.

Idul Fitri 1444 H jatuh pada hari Sabtu (22/4/2023) ini di Indonesia. Umat muslim di seluruh dunia merayakan hari kemenangan pada hari ini.

Idul Fitri

Tak terkecuali lima pesepakbola yang diketahui mualaf yang ada di Indonesia. Siapa saja mereka? Simak pembahasan kami berikut ini.

Berikut 5 Pesepakbola Mualaf di Indonesia yang Jalani Idul Fitri 1444 H

5. Markus Horison

Markus Horison

Markus Horison merupakan mantan kiper Timnas Indonesia. Dia diketahui memeluk agama Islam mulai tahun 2004 dan sejak saat itu berganti nama menjadi Muhammad Haris Maulana.

Markus Horison kini merupakan pelatih kiper untuk Timnas Indonesia U-16. Pada 2022 lalu, dia termasuk dalam skuad Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2022.

4. Diego Michiels

Diego Michiels

Diego Michiels merupakan pemain keturunan Belanda yang memutuskan untuk berkarier di Indonesia sejak dinaturalisasi. Dia pun diketahui menjadi mualaf pada 2013 silam setelah mempelajari Islam sejak masih di Belanda.

Bek yang kini memperkuat Borneo FC tersebut memantapkan diri memeluk agama Islam setelah mengucapkan dua kalimat syahadat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Setelah menjadi mualaf, Diego mengubah namanya menjadi Diego Muhammad Bin Robbie Michiels.

3. Erol Iba

Erol Iba

Erol Iba adalah mantan pemain Timnas Indonesia lainnya yang diketahui mualaf. Pemain asal Jayapura itu memutuskan memeluk agama Islam sejak 2002 ketika memperkuat Semen Padang.

Dalam kariernya, Erol Iba merupakan andalan Timnas Indonesia pada periode 2006 hingga 2013. Dia tercatat pernah membela Timnas Indonesia dalam 15 pertandingan.

2. Esteban Vizcarra

Esteban Vizcarra

Esteban Vizcarra adalah seorang pesepakbola asal Argentina yang dinaturalisasi menjadi WNI. Pada 2012, Vizcarra diketahui memutuskan untuk menjadi mualaf.

Meskipun dinaturalisasi, Vizcarra baru berkesempatan tampil satu kali untuk Timnas Indonesia. Penampilannya itu dicatatkan ketika Timnas Indonesia menang 3-0 atas Myanmar pada 2018 silam.

 

1. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales

Para pencinta sepakbola Indonesia pasti familiar dengan namanya. Cristian Gonzales merupakan salah satu striker tertajam di masanya.

Pada 2010, dia dinaturalisasi dan menjadi andalan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2010. Sayangnya, dia gagal mempersembahkan gelar juara kepada Indonesia yang kalah dari Malaysia di final.

Cristian Gonzalez, yang masih aktif sebagai pesepakbola hingga saat ini, diketahui menjadi mualaf sejak 2003 silam. Dia mengambil keputusan ini setelah menikahi Eva Siregar.(Sumber)