News  

Bukan Hanya Satu, 3 bendera Indonesia Dipasang Terbalik di SEA Games Kamboja 2023

Insiden bendera terbalik dialami Indonesia di pra upacara pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja, Jumat (5/5). Tak cuma satu bendera Merah-Putih, bahkan sampai tiga buah.

Insiden ini terjadi di Stadion Morodok, Phnom Penh, Kamboja, saat segmen Pre Show Entertainment atau pra Pembukaan SEA Games 2023. Pantauan kumparan melalui live streaming YouTube Press OCM dan foto yang beredar, terlihat bahwa bendera Indonesia terbalik.

Total, ada tiga bendera tiap negara yang dikibarkan di momentum tersebut. Dan, ketiga bendera miliki Indonesia semuanya dikibarkan secara terbalik.

NOC Indonesia sudah melayangkan protes kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun. Pihak Kamboja juga sudah mengakui kesalahan dan melontarkan permintaan maaf.

“NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen,” kata PLT Sekjen NOC Indonesia, Harry Warganegara, Jumat (5/5).

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujarnya.

Indonesia menurunkan 599 atlet yang akan berlaga di 31 cabang olahraga. SEA Games 2023 akan digelar di Kamboja hingga 17 Mei mendatang.(Sumber)